by

5 Jenis Kayu Indonesia Ini Cocok Jadi Furniture

Gambar furniture kayu

KOPI, Jakarta – Banyak sekali jenis kayu Indonesia sebagai material furniture. Furniture dengan material kayu sudah menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, material kayu ini juga sangat digemari di mancanegara. Tampilan khas dari furniture kayu menjadi favorit para penggemarnya.

Tekstur dan pola serat dari kayu yang masih terlihat memberikan kesan tersendiri. Oleh karena itu, furnitur dengan material kayu ini menjadi sangat digemari.

Selain itu, beberapa jenis kayu ada yang menghasilkan aroma yang khas. Hal ini pula yang makin membuat furniture kayu digemari oleh masyarakat luas. Kesan alami dan aroma alam yang diberikan oleh furnitur kayu menjadi nilai tambah dari mebel dengan material ini.

Indonesia sebagai negara dengan kekayaan floranya kemudian membuat banyak sekali jenis kayu yang cocok untuk dijadikan furniture. Tetapi, tidak semua jenis kayu cocok untuk dijadikan furniture di segala kondisi cuaca dan lingkungan. Ada kayu yang tidak cocok sebagai furnitur luar ruangan, yang mana jika kamu letakkan di luar maka akan cepat rusak, dan sebagainya.

Berikut ini 5 jenis kayu di Indonesia yang cocok menjadi furniture di rumah kamu!

Kayu Jati
Kayu Jati

Jati merupakan jenis kayu yang sangat populer untuk dijadikan mebel di Indonesia. Jati memiliki tingkat kekuatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya di Indonesia. Selain kayunya yang kuat sebagai furniture, minyak yang terkandung di dalamnya membuat kayu ini menjadi tahan terhadap rayap.

Jenis kayu ini tumbuh di beberapa daerah panas di Indonesia seperti di pulau Jawa tepatnya dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Kualitas dari jati sendiri dipengaruhi oleh temperature daerah tersebut dan kondisi tanahnya. Kayu jati yang berkualitas tinggi umumnya berasal dari daerah dengan temperature tinggi dan tanah yang berkapur, contohnya dari Jawa Tengah.

Kayu Meranti
Gambar kayu meranti

Meranti merupakan kayu yang berasal dari Kalimantan. Meranti biasanya menjadi material untuk membuat kusen, furnitur, dan panel. Kayu meranti memiliki tingkat kekerasan 580 hingga 770 Kgs/m. Jenis kayu ini lebih cocok jika sebagai material furniture dengan finishing menggunakan cat.

Kayu Cendana
Gambar kayu cendana

Cendana ini merupakan jenis kayu yang sulit untuk didapatkan. Hal ini dikarenakan membutuhkan waktu yang lama untuk kayu cendana ini dapat dipanen. Ini membuat kayu cendana sulit untuk dibudidayakan sehingga menyebabkan harga dari kayu ini cukup mahal.

Kayu cendana umumnya dijadikan sebagai baku dupa dan produk kerajinan lainnya. Selain itu, tekstur kayunya yang kokoh membuat kayu ini cocok menjadi furniture dengan nilai ekonomi yang tinggi. Dalam mengolah kayu cendana menjadi furniture sebaiknya dibiarkan polos saja sehingga wangi dari kayu cendana tersebut tetap ada.

Kayu Pinus
Gambar kayu pinus

Pinus biasanya menjadi material untuk furnitur berkonsep minimalis. Warnanya yang terang membuat jenis kayu ini sering digunakan sebagai material untuk mebel dengan konsep minimalis. Seperti furniture dengan gaya jepang yang minimalis.

Kayu ini jika dijadikan mebel sebaiknya menggunakan ukuran yang tebal. Selain itu juga furniture dengan kayu pinus sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang langsung terkena sinar matahari supaya tidak mudah pudar.

Kayu Mahoni
Gambar kayu mahoni

Mahoni merupakan kayu yang memiliki ketahanan cukup lama. Selain itu kekuatan dari mahoni ini juga cukup baik. Sehingga tidak mudah retak saat proses pembuatan ataupun saat dipaku.

Tekstur kayu mahoni ini sendiri jika dibandingkan dengan kayu jati, kayu ini memiliki tekstur yang lebih lunak. Hal ini memudahkan pengerajin untuk membuat furniture ukiran.

Itu dia 5 jenis kayu yang cocok untuk kamu jadikan furniture. Masih banyak lagi yang dapat kamu jadikan furniture. Kamu bisa memilih furnitur dengan material yang sesuai dengan kebutuhan serta selera kamu. Semoga membantu!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA