by

3 Skill Digital Marketing yang Paling Dibutuhkan

KOPI, Jakarta – Digital marketer jadi profesi yang menjamur dalam satu dekade terakhir. Pokoknya sejak internet booming, banyak perusahaan menggunakan jasa mereka untuk menjual produknya secara online.

Para digital marketer ini banyak yang berkutat di pembuatan konten, pemasangan iklan online, optimasi website, email marketing, relasi dengan media online, hingga jadi admin media sosial. Lho kok banyak banget, sih?

Tenang, kamu nggak perlu menguasai semuanya kok. Cuma ya… kalau kamu mau jadi digital marketer yang andal, ada baiknya untuk menguasai beberapa skill di bawah.

Di bawah ini, kamu bisa temukan 8 skill digital marketing dilansir dari berabinetwork yang bisa dipelajari secara terpisah. Yuk langsung bahas aja satu per satu.

1. Copywriting

Copywriting adalah salah satu skill penting di dunia digital marketing. Dengan skill ini, kamu bisa mengubah bahasa bisnis yang teknis ke bahasa yang mudah dipahami konsumen.

Meski kelihatannya simpel, skill ini dijamin membuatmu jadi lebih persuasif atau meyakinkan. Kamu tahu bagaimana cara menarik perhatian calon pembeli, bikin mereka tertarik dengan produk/jasa yang ditawarkan, lalu mempengaruhi mereka untuk membeli produk/jasamu.

Nggak cuma sampai di situ. Skill ini juga membuatmu lebih luwes berkomunikasi dengan konsumen. Akhirnya, kamu jadi lebih dekat dan dipercaya konsumen deh!

Bentuk copywriting ini juga ada di mana-mana. Mulai dari website, postingan media sosial, email pemasaran, iklan yang dipasang di berbagai platform, sampai di produk itu sendiri.

Untuk mulai belajar copywriting, kamu bisa membaca buku Everybody Writes oleh Ann Handley dan Permission Marketing: Turning Strangers into Friends and Friends into Customers oleh Seth Godin. Selain itu sumber online macam Inbound.org, GrowthHackers, dan Quora juga layak dicoba.

2. Social Media Marketing

Rasa-rasanya apa pun barang maupun jasa yang coba kamu jual di era sekarang, calon pembelinya pasti tidak pernah absen dari media sosial.

Social media marketing memungkinkan digital marketer untuk membangun basis pengikut bagi brand, menjangkau audiens seluas-luasnya, hingga menarget calon pembeli dengan konten serta promosi yang sesuai dengan minat mereka.

Kamu pun harus jitu memutuskan mana media sosial yang paling pas bagi bisnismu. Apa gunanya gencar promosi di Twitter kalau ternyata potensi terbesarnya justru ada di Facebook? Itu baru satu contoh.

Nantinya kamu juga akan mempelajari tentang variasi konten apa saja yang paling efektif, jam posting, cara berkomunikasi dengan para followers, dan sebagainya. Pokoknya segala cara buat mengikat pengikut bisnismu agar “setia”.

Untuk mempelajari social media marketing, kamu bisa menyimak konten dari para praktisi, misalnya Gary Vaynerchuk.

3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO sudah terkenal di mana-mana. Tiap kali orang ngomongin digital marketing, sangat mungkin kata SEO ikut terselip di pembicaraan. Kok bisa?

Soalnya ini adalah salah satu elemen digital marketing yang paling awal muncul. Tepatnya, ya… sejak ada website lah.

Digital marketers mati-matian mengotak-atik SEO agar website masuk di halaman pertama mesin pencarian Google. Dengan begitu, lebih banyak netizen yang mampir mengunjungi website.

Nah, salah satu hal yang dilakukan ketika utak-atik SEO itu adalah riset kata kunci. Riset ini diperlukan untuk tahu volume pencarian dan tingkat kesulitan suatu kata kunci. Tools semacam Ahrefs, Moz, maupun Google Keyword Planner dan tools cek backlink domain akan sangat berguna untuk riset ini.

Oh ya! Kamu harus tahu kalau dunia SEO terus berkembang. Sebab, kompetisi di area ini dari hari ke hari makin ketat. Ditambah lagi Google sering sekali mengeluarkan algoritma terbaru. Alhasil kamu pun dituntut untuk adaptif dan up to date.

Namun, tak usah khawatir. Kamu bisa menemukan bahan belajar SEO di mana-mana. Kalau kamu mau belajar dan dapat sertifikat, kamu bisa ambil kursusnya di Bitlabs.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA