by

Yuk Ketahui Tips Memilih Baju Koko Lengan Panjang

KOPI, Jakarta – Salah satu jenis baju muslim yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia adalah baju koko. Baju koko ini terinspirasi dari pakaian khas tradisional masyarakat Tionghoa yang biasa dikenal dengan nama tui-khim. Kenapa masyarakat di Indonesia lebih mengenal pakaian ini dengan nama baju koko? Pasti ada pertanyaan seperti ini.

Alasan dinamakan baju koko, karena pada zaman dahulu yang sering memakai baju tui-khim ini adalah “engkoh-engkoh”. Hal ini kemudian dieja pada Bahasa Indonesia dengana kata “koko”. Oleh karena itu, banyak masyarakat Indonesia yang menyebutnya dengan nama “baju koko”.

Di Indonesia sendiri, baju koko identik sebagai salah satu pakaian muslim yang dipakai oleh pria. Umumnya baju koko ini digunakan saat beribadah atau acara keagamaan lainnya. Tidak heran apabila saat hari raya idul fitri tiba, banyak pria yang menggunakan pakaian ini.

Saat ini banyak sekali baju koko dengan model yang kekinian dan fashionable, tapi masih tetap dengan model syar’i. Sekarang yang paling sering digunakan oleh pria adalah baju koko lengan panjang, karena terlihat lebih rapih dan elegan. Tak heran baju koko sekarang banyak memiliki model dengan lengan panjang.

Cara Memilih Baju Koko Lengan Panjang

Bagi penggemar baju muslim seperti baju koko, pasti pernah memakai baju koko lengan panjang. Tetapi terkadang kita merasakan tidak nyaman saat memakai baju koko tersebut. Karena salah memilih jenis kain yang digunakan pada baju koko tersebut. Atau sering juga mengalami kerusakan pada baju koko, karena bahannya yang terlalu tipis.

Sebelum membeli baju koko, cari tau terlebih dahulu jenis bahan apa yang digunakan untuk menjahit baju tersebut. Cari bahan baju koko dengan kualitas yang baik, agar nantinya baju tersebut tidak gampang rusak dan nyaman dipakai.

Pasti masih banyak yang bingung untuk memilih baju koko dengan kualitas bahan yang baik. Pada artikel ini saya akan berikan beberapa contoh bahan yang baik untuk baju koko. Berikut ini cara memilih baju koko lengan panjang :

1. Baju Koko Bahan Katun

Katun merupakan salah satu jenis bahan kain yang menjadi primadona untuk dijadikan berbagai jenis pakaian. Hal ini disebabkan karena bahan katun memiliki kain yang terasa halus dan ramah di kulit. Ada banyak sekali jenis bahan katun yang cukup popular saat ini. Misalnya jenis katun poplin, katun toyobo, dan katun jaguar.

Katun toyobo memiliki bahan yang cukup tebal dan sifatnya yang agak jatuh. Sedangkan jenis katun poplin bahannya lebih ringan dan juga tidak mudah luntur. Terakhir adalah jenis katun jaguar, katun ini memiliki ciri khas yaitu motifnya yang merupakan hasil dari proses tenun. Tak heran jika baju koko lengan panjang yang memiliki bahan katun menjadi pilihan yang tepat. Karena nantinya nyaman di kulit saat dipakai.

Bahan katun menjadi pilihan karena memiliki tekstur yang lembut dan cocok diwarnai dengan berbagai warna. Katun sendiri terbuat dari bahan serat alami dari tanaman kapas yang lembut, adem, dan sangat nyaman digunakan sehari-hari. Tidak hanya itu, bahan katun juga tidak menyebabkan alergi pada kulit, sehingga aman dipakai pada orang yang memiliki masalah pada kulit.

2. Baju Koko Bahan Linen

Bahan selanjutnya yang cocok untuk baju koko lengan panjang adalah Bahan Linen. Bahan ini memiliki sifat yang kuat dan tahan lama. Berbeda hal nya dengan bahan katun, bahan linen ini terbuat dari tanaman rami dan memiliki tekstur yang agak sedikit kasar. Meskipun cenderung lebih mudah kusut, bahan linen cukup kuat dan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Baju Koko dari bahan linen ini lebih terlihat menawan karena tekstur dari seratnya yang cukup terlihat. Tak hanya itu, bahan linen ini memiliki daya serap yang cukup tinggi. Tidak heran baju koko yang terbuat dari bahan ini memiliki efek sejuk saat digunakan. Oleh karena itu baju koko lengan panjang dengan bahan ini sangat cocok dipakai saat musim panas maupun pada siang hari.

Penutup

Demikian artikel tentang Cara Memilih Baju Koko Lengan Panjang. Jadi saat akan memilih baju koko, anda bisa memilih dengan bahan yang telah disebutkan di atas tadi. Sekian Terima Kasih!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA