by

Warna Dinding pada Rumah Pengaruhi Psikologis

KOPI, Jakarta – Biasanya saat kamu mendekorasi rumah apa saja yang diperhatikan? Pastinya kamu akan memperhatikan konsep ruangan dan furniture. Tentu saja hal ini menjadi hal utama saat mendekorasi rumah. Selain furnitur dan konsep ruangan, warna dinding pada rumah juga harus kamu perhatikan.

Warna pada dinding yang tidak sesuai dengan konsep ruangan yang kamu inginkan tentunya akan merusak keseluruhan dekorasi kamu. Hal ini dapat menyebabkan usaha mendekorasi setiap ruangan menjadi sia-sia karena warna dinding yang tidak tepat.

Pentingnya Pemilihan Warna Dinding

Pemilihan warna dinding pada suatu rumah sifatnya personal. Artinya, pemilihan warna dinding ini tergantung pada penghuni dari rumah itu sendiri.

Biasanya penghuni akan memilih warna kesukaannya sebagai warna dinding. Hal ini karena pada sifat yang personal itu sendiri, apabila warnanya merupakan favorit, maka kamu akan nyaman berada di ruangan itu.

Tetapi, tahukan kamu bahwa pemilihan warna dinding harus memperhatikan segi psikologis? Sebenarnya warna dinding dapat menunjukkan kepribadian dan suasana hati dari penghuni rumah itu.

Hal ini juga disampaikan oleh seorang psikolog lingkungan, Lee Chambers, bahwa warna dinding dapat memengaruhi perasaan penghuni.

Warna Dinding Rumah dan Pengaruhnya

Dikutip dari ajeg, warna dapat memberikan pengaruh pada perasaan kamu karena mata memiliki dua fungsi yaitu, fungsi visual dan mengirimkan sinyal ke otak.

Ketika mata melihat sesuatu maka visualnya akan dikirimkan ke otak. Kemudian, otak akan menghasilkan hormon yang menimbulkan perasaan terhadap visual itu.

Setiap warna memiliki pengaruh yang berbeda terhadap suasana hati dari penghuni rumah itu sendiri. Sebagai contoh ada yang dapat membangkitkan suasana hati. Lainnya ada juga yang dapat memberikan pengaruh tenang pada pikiran serta memberikan perasaan sedih dan suram.

Dilansir dari kompas, warna cerah seperti kuning dan oranye memiliki efek yang meningkatkan mood. Selain itu, warna kalem seperti abu-abu dan ungu juga memiliki yang membangkitkan mood menjadi ceria. Berikut ini rangkuman warna-warna dan pengaruh psikologisnya!

Warna Abu-abu

Abu-abu merupakan warna yang netral sama seperti warna putih. Warna netral sebagai cat dinding dapat menciptakan perpaduan warna yang baik. Warna netral seperti abu-abu dan putih dapat berkombinasi dengan warna lainnya tanpa membuat warna lain tenggelam.

Efek psikologis dari warna abu-abu dan warna netral lainnya dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan menghidupkan. Selain itu, produktivitas dapat meningkat dengan warna netral sebagai cat dinding.

Warna Ungu

Ungu merupakan warna yang memberikan kesan mewah dan elegan. Tetapi, tahukah kamu kalau warna ungu juga memberikan ketenangan dan membangkitkan kreativitas? Hal ini tergantung pada warna ungu seperti apa yang kamu gunakan.

Jika kamu menggunakan warna ungu gelap, maka akan tampak elegan dan dapat membangkitkan kreativitas kamu. Sebaliknya, jika kamu menggunakan warna ungu yang terang, maka akan menciptakan ketenangan.

Warna Kuning

Jika membicarakan warna kuning maka akan familiar dengan ceria, bahagia, dan semangat. Demikian pula jika kamu terapkan pada ruangan kamu maka akan menciptakan perasaan bahagia dan semangat.

Umumnya warna ini bertujuan untuk membangkitkan kreativitas, kemampuan mengingat, dan merangsang sistem saraf.

Warna Biru

Lee Chambers, seorang psikolog lingkungan mengatakan bahwa warna biru merupakan warna yang dapat memberikan perasaan tenang dan aman.

Selain itu, peneliti lain juga mengatakan bahwa jika kamu mengecat dinding kamar dengan warna biru maka tidur akan lebih nyenyak. Hal ini akan berefek pada perasaan kamu saat bangun tidur.

Warna Merah

Warna merah memiliki kesan yang berani dan membangkitkan gairah. Tetapi jika kamu terapkan pada dinding ruangan kamu, maka akan memberikan kesan dramatis dan romantis.

Pengaruh yang timbul tergantung pada seberapa warna merah yang kamu terapkan pada ruangan di rumah kamu.

Warna Hijau

Warna hijau memiliki kesan yang segar dan alam. Jika kamu gunakan warna hijau pada dinding ruangan kamu maka warna ini akan memberikan perasaan segar dan sejuk. Selain itu, warna ini juga dapat kamu terapkan dengan mudah di setiap ruangan.

Nah, dari beberapa warna mana warna yang menjadi pilihan kamu? Jangan lupa untuk  menyesuaikan dengan fungsi dari setiap ruang yang ada di rumah kamu. Sehingga kamu dapat menikmati momen di setiap ruangan.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA