by

Walikota Pekanbaru Resmikan Pekan Raya Fair 2021

KOPI, Pekanbaru – Walikota Pekanbaru, DR. Firdaus, S.T., M.T., membuka secara resmi Pekan Raya Fair & Expo 202, Kamis (24/6/2021) sore, di Mall Pekanbaru. Dalam acara tersebut, Walikota Pekanbaru didampingi Asisten I Kota Pekanbaru, Azwan, bersama Ketua Pelaksana Pekan Raya, Fair & Expo 2021, Ingot Ahmad Hutasuhut, menyentuh layar monitor sebagai tanda peresmian Pekan Raya, dalam rangka HUT ke 237 Kota Pekanbaru tersebut.

Peresmian ini juga dihadiri oleh Ketua DPD LPM Kota Pekanbaru, Sarjoko SE; Kepala BPOM Riau, Direktur Bank Riau, BNI, Para Camat dan undangan  lainnya serta masyarakat Pekanbaru yang sedang berada di Mal.

Dalam sambutannya, Walikota Pekanbaru mengatakan dalam usia 237 tahun Kota Pekanbaru patut disyukuri. Walikota juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada tokoh pendiri kota, dan para Walikota Pekanbaru sebelumnya,  menurut catatannya ada 14 walikota yang pernah menjabat sejak pemerintahan berdiri.

Disampaikan Walikota, “Alhamdulillah, saya bersama Pak Ayat pasangan Walikota yang ke-14, yang terpilih dua kali secara berturut-turut,” sebutnya.

Namun, kata Walikota,  kita harus tetap berinovasi untuk bisa menghadapinya. Untuk memerangi Covid dengan melakukan vaksinasi dan menjalankan prokes, dan untuk keluar dari krisis, dengan tetap menghidupkan UMKM.

HUT ke 237 kota ini ujarnya lagi, kita harus bersinergi berjuang  memerangi covid-19 dan membangun smart city madani. Pekanbaru adalah kota yang cepat tumbuh. Meski dengan meski angka presentase yang tidak tinggi, namun mengalami kenaikan dalam investasi.

Tahun 2018 investor yang masuk dengan total dana Rp670 miliar dalam catatan pelayanan MPP, melayani perizinan. Pada tahun 2019 mengalami kenaikan  dengan total investasi Rp1,6 trilun. Sementara di tahun 2020, dengan pelayanan dan kepercayaan investor maka total investasi 5, 191 triliun.

Hal ini menjadikan Kota Pekanbaru role/ percontohan model bagi kota-kota lainnya dalam pelayanan dan perizinan. “Alhamdullilah tingkat investasi dan pelayan yang baik merupakan hasil dari data statistik,” katanya.

Di hari perayaan ini juga kita membuka Pekan Raya Fair and Expo, di dua tempat, yakni Mal Pekanbaru dan Ciputra, dengan tetap menjalankan prokes. “Bila kita melakukan heard community dan prokes, kita bisa membangun dan usaha kita bisa membawa negeri ini keluar dari covid dan krisis,” sebut Firdaus.

Sementara, Ketua Pelaksana Pekan Raya Fair and Expo, Ingot Ahmad Hutasuhut, mengatakan bahwa masyarakat Pekanbaru patut berbangga dan bersyukur. Sebab, Kota Pekabaru yang menurut sejarahnya didirikan  Sultan Mahmud Abdul Jalil dari nama sebuah Pekan dan diteruskan oleh putranya, kini telah mengalami perkembangan sebagai kota besar.

Dari awal bernama Pekan yang biasa, kini berkembang menjadi kota yang disebut dengan Capital City of Sumatera. Pekan Raya ini kata Ingot, diikuti 55 peserta. Sebanyak 10 dintaranya adalah dari kecamatan dan sisanya OPD, perbankan, UMKM dan LPM.

“Untuk pertama kalinya LPM dibawah pimpinan Pak Sarjoko ikut serta,” terangnya.

Lanjutnya, “Dalam rangka pendistribusian pengujung di masa pandemi, maka Pekan Raya diadakan di dua tempat yang berbeda, yakni Mal Pekanbaru dan Ciputra,” jelasnya.

Masih kata Ingot, Pekan Raya ini berlangsung selama 12 hari, dimulai 23 Juni hingga 4 Juli 2021. Dan akan diikuti delegasi dari luar daerah yakni Kabupaten Riau serta dari Kabupaten Lima Puluh kota, Sumatera Barat, yang sedang dalam perjalalanan menuju Pekanbaru. (Didi Rinaldo)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA