by

Ragam Model Atap Rumah Kekinian

KOPI, Jakarta – Pemilihan model atap kanopi rumah minimalis sebaiknya mempertimbangkan cuaca dan iklim setempat selain itu tampilan yang sesuai juga jumlah biaya dan material yang mudah didapat. Bentuk atap ada bermacam-macam, pada umumnya model atap dapat dikategorikan sebagai berikut :

Atap Datar

Model atap datar  merupakan yang paling sederhana hanya berupa bidang datar namun tetap terdapat kemiringan pada permukaannya walaupun relatif kecil jika dibandingkan dengan bentuk atap lainnya.

Atap datar biasanya terbuat dari beton bertulang yang secara kasat mata dan terlihat datar. Sedangkan yang berbahan asbes ataupun seng memiliki kemiringan yang cukup untuk membuat air mengalir ke salah satu sisi seringkali bentuk atap ini biasanya digunakan pada atap teras maupun parkiran atau carpot

Atap Sandar

Bentuk atap sandar seringkali terpakai untuk bangunan tambahan contohnya emperan, namun saat ini atap model ini banyak juga digunakan pada rumah modern. Modelnya yang simple sehingga menghasilkan tampilan yang menarik.

Atap Pelana (Gable Truss)

Bentuk atap pelana ini biasanya dipasang pada bangunan rumah maupun gudang yang menggunakan rangka atap baja konvensional.

Atap ini berbentuk seperti pelana kuda dan bidang atapnya tersusun dari dua sisi yang bertemu pada satu garis pertemuan. Sudut kemiringan atap ini bekisar 30 hingga 45 derajat

Atap Tenda

Bentuk atap tenda seringkali digunakan jika tempat pemasangannya memiliki panjang dan lebar yang sama.

Bentuk atap ini terdiri dari empat buah segitiga yang ujungnya bertemu pada satu titik sehingga menghasilkan bentuk seperti tenda

Atap Limas

Atap bentuk limas ini Bentuk atap ini merupakan penyempurnaan dari bentuk atap pelana dengan dua bidang yang berbentuk segitiga yang memiliki kemiringan sama. terdiri dari dua segitiga dan dua trapesium.

Antar trapesium akan bertemu pada satu garis lurus Sehingga menjadikan tidak perlu pembuatan dinding penutup yang tinggi seperti pada atap pelana.

Atap Kombinasi Pelana dan Limas

Bentuk atap kombinasi ini merupakan gabungan antara bentuk atap pelana dan limas. Bentuk atap ini sering terdapat pada rumah yang memiliki denah yang terdiri dari beberapa persegi.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA