by

Naas, KMP Yunicee Tenggelam di Dekat Pelabuhan Gilimanuk

KOPI, KETAPANG–  Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee tenggelam di perairan dekat pelabuhan Gilimanuk, Bali pada Selasa sore (29/6/2021).

Dilaporkan setidaknya enam  orang yang menjadi korban jiwa atas peristiwa nahas ini, terdiri dari  3 orang pria dan 3 orang wanita yang meninggal dunia.

Jumlah pasti seluruh korban belum bisa dipastikan karena hingga saat ini tim SAR masih berjibaku mengevakuasi korban dan kapal yang kandas.   Korban yang sudah berhasil dievakuasi segera dibawa ke Puskesmas Gilimanuk.

Kapolres Jembrana, AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa membenarkan bahwa ada enam orang meninggal dunia dan dievakuasi ke Puskesmas Gilimanuk.

“Ya benar ada enam orang,” kata Kapolres.

Kabarnya kapal tersebut mengalami pecah lambung, nampak dalam sebuah rekaman yang diterima redaksi, kapal hanya nampak tersisa bagian atas saja. Sejumlah kapal lain pun, juga turut membantu mengevakuasi penumpang dari kapal malang tersebut.

Beberapa korban masih dievakuasi, kendaraan pun juga ikut tenggelam dalam kapal tersebut.  Data yang dihimpun, ombak nampak besar di perairan Bali pada saat tenggelamnya kapal motor tersebut.

Menurut Kapolres Jembrana, kapal KMP Yunice yang tenggelam ini berangkat dari Ketapang menuju ke Gilimanuk.

KMP Yunice dilaporkan tenggelam di perairan Pelabuhan Gilimanuk pada Selasa 29 Juni 2021 pukul 19.06 Wita.

“Kemudian saat mau nyandar di Pelabuhan Gilimanuk, kapal ini tenggelam,” kata AKBP Adi Wibawa di Pelabuhan Gilimanuk, Selasa (29/6/ 2021).

Petugas belum mengetahui penyebab pasti tenggelamnya KMP Yunicee.

“Terkait jumlah penumpang dan hal-hal apa yang menyebabkan kapal ini tenggelam kami belum tahu,” kata Kapolres Jembrana.

Petugas masih fokus evakuasi penumpang yang selamat maupun korban meninggal dunia.

“Kami masih fokus evakuasi korban. Di mana saat ini ada beberapa korban yang dievakuasi oleh kapal-kapal yang kebetulan menggunakan jalur tersebut, kemudian dievakuasi ke arah Ketapang,” jelasnya.

Sejumlah korban meninggal dunia yang ditemukan di sepanjang pesisir Pantai Gilimanuk.

“Kemudian ada juga beberapa korban ditemukan di sepanjang pesisir pantai di wilayah Gilimanuk. Kami sudah mengerahkan kepala lingkungan dan petugas untuk menyisir wilayah pantai untuk mencari korban,” terangnya.

Tim Operasi SAR Kecelakaan KMP Yunicee per pukul 07.00 WIB pagi ini diketahui masih ada 11 orang dalam pencarian

“Total crew kapal 13 orang, kantin 3 orang, dan penumpang 41 orang dengan total keseluruhan 57 orang,” tulis laporan Tim Operasi SAR Kecelakaan KMP Yunicee, Rabu.

Dalam laporannya diketahui pula jumlah evakuasi korban sementara tercatat 39 orang selamat lalu 7 orang meninggal dan 11 orang masih dalam pencarian. (sumbermedia)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA