by

Mesin Pengemas Makanan Ringan, Ini yang Perlu Diketahui Pelaku UMKM Indonesia

KOPI, Jakarta – Mesin pengemas makanan penting untuk pebisnis makanan. Pengepakan produk yang bagus dan rapi akan menolong Anda dalam tingkatkan pemasaran. Bagaimana juga customer akan menyaksikan pertama kalinya pada paket Anda.

Bila paket makanan Anda buruk, karena itu customer tentu malas untuk membeli. Tetapi bila paket makanan Anda menarik dan rapi, karena itu akan gampang mengunggah hasrat customer beli.

Untuk pelaku bisnis camilan, sesungguhnya ada banyak alternative untuk paket produknya. Penetapan mesin ini berdasar tipe produk, anggaran, dan kemauan Anda akan dibungkus seperti apakah produk Anda.

Mesin Pengemas Makanan Ringan

Berikut penjelasan pengemas makanan ringan selengkapnya

1. Hand Sealer

untuk pebisnis pemula, memakai mesin hand sealer ialah opsi pas dan murah. Karena mesin ini cukup efektif untuk mengepak bermacam jenis paket plastik, terhitung plastik alumunium.

Harga mesin ini relatif murah sekitar Rp 200.000 – 1.000.000 bergantung panjang sealer dan mode mesin.

2. Mesin Pedal Sealer

Pedal sealer atau yang umum disebutkan denga istilah foot sealer menjadi opsi bagus. Mesin ini pemakaianya dengan memakai kaki diinjak. Karena itu namanya foot atau pedal sealer. harga mesin ini berisar Rp 1.000.000 – 3.000.000, bergantung type dan kualitas mesin.

3. Band sealer / Continuous Sealer

Mesin ini berlainan dengan 2 mesin pertama, karena lebar seal sedikit lebar. mesin ini benar-benar pas untuk beberapa industri makanan ringan atau camilan.

4. Mesin vacuum Sealer / pengemas vakum

Mesin pengemas vacuum atau mesin vacuum sealer saat ini cukup terkenal digunakan untuk industri camilan. Mesin ini dapat kurangi kandungan udara dalam paket hingga produk lebih tahan lama, dan dapat mempermudah dalam pengepakan karena produk tidak makan ruangan pada paket. Hingga produk akan gampang dibawa.

5. Mesin Band Sealer plus gas filling

Ini mesin sama langkah kerjanya dengan mesin band sealer. perbedaannya cuman mesin ini diperlengkapi dengan pengisia udara pada paket plastik.

6. Mesin Vertikal Filling Otomatis

untuk usaha Anda yang telah maju atau telah mencapau jumlah besar, karena itu memakai mesin packing automatis (vertikal filling) ini jadi opsi pas dan janjikan. Karena produk Anda akan dibungkus dalam paket yang professional dan segalanya serba automatis.

7. Mesin Carton Sealer

Dengan target tujuan pemasaran yang luas baiknya kemasan snack yang kita buat di packing ke karton menggunakan mesin carton sealer agar saat sampai di distributor hasilnya produk tidak rusak.

Terdapat banyak variasi harga dan fitur yang menyertainya. Banyak pula produsen produk ini, baik yang dalam negri atau pun luar negri.

Demikian ulasan mesin-mesin pengemas untuk usaha kecil yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan usahanya. Semoga dapat menginspirasi.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA