by

Mengapa Harus Gunakan Furnitur Berbahan Kayu?

KOPI, Jakarta – Kalian pasti telah akrab dengan material alam yang satu ini kan? meskipun kalian mungkin tidak terlalu mengenalnya, namun kalian setidaknya pernah mendengar atau melihat material ini di sekitar kalian. Ya, kayu merupakan salah satu material produk yang sangat familiar sekali dengan  industri interior dan furnitur.  

oleh sebab itu teman-teman pastinya telah sering melihat furniture atau mebel kayu, namun tahukah teman-teman? Mengapa banyak furnitur yang terbuat dari kayu? Mengapa harus menggunakan kayu? Dan mengapa harus mebel kayu? Mari kita bahas alasan-alasannya.

1. Apa Itu Kayu

Sebelum kita membahas furniture kayu, kita akan membahas sedikit mengenai material kayu. Kayu merupakan salah satu material yang berasal dari alam dan jumlahnya sangat melimpah, terutama di Indonesia.

lalu karena berasal dari alam, kayu merupakan material yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui. jenis-jenis kayu ada bermacam-macam, contohnya seperti; kayu jati, pinus, dan ulin.

selain jenisnya beragam; karakteristik kayu juga bermacam-macam. Hal itulah yang menyebabkan industri mebel seringkali menggunakan material kayu. Dengan menggunakan kayu, industri mabel mampu memberikan berbagai opsi pilihan jenis kayu dan warna untuk pembeli.

Selain itu penggunaan kayu pada furniture juga merupakan sebuah tren yang tidak akan pernah mati sebab kayu dapat dibentuk sedemikian rupa sehingga desainnya dapat mengikuti perkembangan zaman.

2. Kelebihan Material Kayu pada furnitur

kelebihan yang paling Nampak dari material kayu adalah dari segi visualnya, kayu memiliki bermacam-macam serat yang berbeda dan tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Hal itu menyebabkan material kayu memberikan kesan yang unik dan aesthetic.

kemudian selain dari segi visual kayu juga memiliki kelebihan lain dari segi sifatnya, Sifatnya yang bermacam-macam memungkinkan seseorang untuk memilih materialnya sesuai dengan apa yang ia butuhkan. Berikut merupakan Macam-macam sifat kayu secara general:

  • Beberapa kayu terkenal kuat dan kokoh dari segi ketahanan terhadap tekanan, sehingga seringkali digunakan sebagai material untuk  furniture dan pondasi bangunan.
  • Kayu juga terkenal sebagai material yang eksistensinya tak lekang oleh waktu, hal tersebut terjadi karena sejak jaman dulu hingga saat ini kayu tetaplah menjadi primadona dalam pembuatan furniture dan produk lainnya.
  • Serat dan warna yang berbeda-beda pada kayu memberikan kesan unik dan estetik pada visual desainya.
  • Kayu merupakan material yang fleksibel atau mudah dalam proses pembentukannya, sehingga banyak sekali desain yang dapat dibuat dari material kayu.
  • Harga kayu juga bermacam-macam sehingga pembeli atau industry dapat memilih material kayu yang sesuai dengan budget mereka
3. Keuntungan menggunakan furnitur kayu

Pernahkah kamu melihat furniture tua yang terbuat dari kayu di rumah nenek/orang tuamu?. Durabilitas pada mebel kayu merupakan salah satu keuntungan yang terdapat pada material tersebut. Dengan perawatan yang benar, kayu dapat bertahan lama hingga puluhan tahun kedepan.

Selain karena durabilitasnya, mebel kayu juga cocok dengan berbagai macam konsep desain interior. Kayu dapat memberikan kesan natural dan homey pada rumah dengan konsep modern minimalis sehingga suasana rumah terasa lebih hangat dan nyaman. Kayu juga dapat memberikan kesan unik dan antik, serta masih banyak lagi.

Dari pembahasan di atas, kalian dapat mengetahui sendiri bahwa ternyata ada banyak sekali kelebihan dari furniture kayu. semoga kalian yang masih bingung ingin membeli furnitur apa, dapat terbantu dengan artikel ini. (Muhammad Zidan)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA