by

Kosa Kata Bahasa Arab Sehari-hari

KOPI, Jakarta – Kosa kata bahasa Arab sangat banyak dan bisa dibilang tak erbatas. Banyak kata-kata bahasa Arab klasik yang memiliki arti ganda dan perlu untuk mengetahui dasar katanya. Inilah yang membuat bahasa Arab lebih sulit dipelajari dibandingnya bahasa lainnya.

Untuk bisa menguasai bahasa Arab maka diperlukan untuk mengetahui banyak kosa kata bahasa Arab dan menghafalnya setiap hari. Dengan menabung kata setiap hari maka akan terkumpul banyak kata  untuk bisa saling terhubung membentu kalimat.

Dengan ada banyakny akata yang dihafal, anda akan mudah menyusun kalimat dasar. Dalam bahasa Arab penyusunan kalimat juga memiliki kaidah penyusunan maka perlu untuk belajar cara penyusunan kalimat bahasa Arab. Mulailah dengan kalimat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sering digunakan untuk berbicara di tempat umum.

Belajar Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab

Membiasakan diri menambah hafalan banyak kata setiap hari akan membantu anda dalam menyusun kalimat. Semakin kaya akan kata maka semakin mempermudah dalam memilih kata yang tepat daam sebuah percakapan bahasa Arab.

Untuk itu penting untuk beajar menghafal banyak kata. Untuk pemula bisa memulainya dengan 5 kata per hari, selanjutnya 10 kata per hari, 15 kata per hari  dan seterusnya. Semakin hari kata yang dihafal akan terus bertambah.

Dengan metode ini anda tidak perlu terus melihat kamus. Dengan kata yang sudah menempel di ingatan tentu akan mudah untuk berbicara dengan bahasa Arab. Jika mengafal banyak kata biasanya akan beriringan dengan menyambung kata menjadi kalimat bahasa Arab.

Lakukan proses hafalan terus menerus dengan metode hafalan bertingkat. Jika dirasa sudah terlalu banyak hafalan per hari maka bisa dikurangi hafalannya sesuai dengan kemampuan.

Mengimplementasikan Hafalan

Setelah menghafal banyak kata setiap harinya, lanjutkan untuk belajar bahasa Arab dengan membuat kalimat dari kata yang sudah di hafal. Dimulai dari kalimat yang sering digunakan sehari-hari. Metode ini akan berhasil jika didukung dengan lingkungan belajar yang baik dan berbahasa Arab.

Inilah sebabnya Arabic Area diperlukan bagi pegiat ilmu bahasa Arab. Hafalan kosa kata bahasa Arab akan terasa ringan jika lingkungannya berbahasa Arab.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA