by

Ketum PPWI Ingatkan Jurnalis Agar Utamakan Keselamatan

KOPI, Jakarta – Perkembangan yang terjadi akhir-akhir ini di kalangan pekerja pers, terutama terkait dengan kinerja jurnalistik di lapangan, terlihat semakin menghawatirkan. Hal tersebut menggugah Tokoh Pers Nasional, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A., angkat bicara, Jumat (25/6/21), di sekretariat DPN-PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) di bilangan Slipi-29, Jakarta Barat.

Wilson Lalengke, yang juga merupakan Ketua Umum PPWI, menyoroti tentang penembakan atau tewasnya salah satu rekan wartawan yang bernama Mara Salem Harahap, atau yang akrab disapa ‘Marshal’. Juga, penyataan kontroversial dari Bupati Bogor, yang mengatakan ‘Wartawan Bodrex’ dan ‘Wartawan abal-abal’ dan lain sebagainya terhadap para wartawan di daerahnya.

Alumni PPRA-48 Lemhanas RI Tahun 2012 tersebut, mengingatkan kepada keluarga besar PPWI agar mengutamakan keselamatan kerja. “Keselamatan diri adalah yang utama dibandingkan dengan pemberitaan atau informasi yang akan kita kejar. Nomorsatukan keselamatan daripada resiko-resiko yang akan dihadapi saat bertugas melakukan peliputan,” ujar Wilson yang merupakan mantan Kepala Sub Bidang Program pada Pusat Kajian Kebijakan dan Hukum Sekretariat Jenderal DPD RI.

Selanjutnya, hasil liputan yang diberitakan kepada publik, harus bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan data, fakta, informasi, narasumber, dan lain sebagainya, harus tersedia selengkap mungkin. “Ini akan membuat kita lebih safety ketika membuat pemberitaan kepada publik,” jelas lulusan Magister Global Ethics dari University Birmingham, Inggris.

Lanjutnya, sebaiknya kita melakukan tugas-tugas jurnalistik secara bersama-sama. “Karena PPWI adalah gerakan silaturahmi, ketika kita saling memberi dukungan dalam pemberitaan, maka kita perlu bergotong-royong,” papar Presiden Persaudaraan Indonesia Sahara Maroko (Persisma) itu.

Karena jurnalisme warga adalah jurnalisme gotong-royong, sehingga sebuah berita perlu kita viralkan dengan dimuat di beberapa media-media yang ada dalam PPWI media group, agar punya kekuatan yang lebih baik dan tinggi dibandingkan jika kita beritakan sendiri-sendiri.

Jika suatu saat ada yang komplain atau serangan dari pihak yang dirugikan, kita bisa menghadapinya bersama-sama. “Jadi orang tidak akan mudah menuding salah satu pihak atau Si A, Si B, apalagi membawa ke ranah pidana. Jika kita bersama-sama tentu akan menyulitkan pihak yang mengkomplain,” tuturnya.

Hal yang tak kalah penting, jurnalisme berpengaruh pada peradaban bangsa, dan membangun masyarakat yang cerdas sesuai visi dan misi PPWI. “Visi PPWI adalah mewujudkan masyarakat yang cerdas dalam menerima informasi, cerdas merespon, dan cerdas menyampaikan informasi,” ujar Wilson.

Oleh karena itu, dalam upaya mewujudkan visi tersebut, yang harus selalu diingat adalah pemberitaan memiliki 3 filter, yaitu:

  1. Apakah informasi yang diberitakan adalah berita yang benar?
  2. Apakah berita itu baik adanya?
  3. Apakah berita itu bermanfaat?

“Jika pemberitaan yang akan kita sebar telah memenuhi ketiga filter di atas, maka pemberitaan lulus untuk disebarkan. Ketiga filter tersebut harus menjadi pijakan atau pegangan dalam mempublikasikan sebuah berita,” kata Wilson.

Ia pun berpesan, sebagai anggota PPWI harus pandai dalam memilah sebuah informasi yang akan disebarkan. Sebagai contoh, seperti yang saat ini sedang terjadi Pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

“Jika informasi yang akan kita sebarkan menurunkan moralitas dan menurunkan semangat dalam situasi pandemi, maka tidak perlu disebarkan. Namun, jika pemberitaannya akan membangkitkan semangat dalam melawan pandemi, maka perlu disebarluaskan bersama-sama,” tutup Wilson. (NJK)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA