by

Dansektor 19 Citarum Harum Tanggapi Masalah Pencemaran Sungai Citarum

KOPI, Karawang – Dansektor 19 Citarum Harum, Kolonel Chb Widodo, menanggapi pemberitaan yang diberitakan media online AlexaNews.co.id, Sabtu (19/6/21), terkait perubahan warna dan bau menyengat yang ditimbulkan sungai Citarum di Kampung Teluk Mungkal, Kelurahan Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dalam dua hari lalu tersebut tidak benar.

Berdasarkan hal tersebut, Kolonel Chb Widodo, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberi perhatian terhadap lingkungan khususnya Sungai Citarum. “Kami Satgas Citarum Harum Sektor 19 mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan khususnya Sungai Citarum,” ujar Widodo.

Lanjutnya, namun terkait air keruh dan menimbulkan bau, hal tersebut dapat dicek dalam aplikasi online. Pengecekan baku mutu sungai Citarum terupdate setiap hari diperoleh melalui aplikasi Online Monitoring (Onlimo) Status Mutu Air KLHK yang dapat diakses oleh masyarakat umum.

“Satgas Citarum Harum Sektor 19 setiap hari melakukan pengecekan langsung terhadap kadar baku mutu air dan hasilnya seperti yang tertera dalam aplikasi Onlimo,” jelas Dansektor 19.

Berikut kami lampirkan data hasil pengecekan baku mutu air terhitung tanggal 17 s/d 19 Juni 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal 17/6/21, TDS:0,01, BOD: 8,92, COD: 146,1, DO: 0,11 Suhu: 29,58.
  2. Tanggal 18/6/21, TDS:0,05, BOD: 8,91, COD: 146,09, DO: 0,5 Suhu: 29,43.
  3. Tanggal 19/6/21, TDS:0, BOD: 9,12, COD: 146,02, DO: 0, Suhu: 28,61.

Berdasarkan data yang diperoleh pada tanggal 19/6/21, Nilai Storet -10, dengan status ‘Cemar Ringan’.

Selain itu, Dansektor 19 bersama beberapa personil Satgas Citarum Harum Sektor 19 melakukan pengecekan langsung ke lokasi tersebut. Hasilnya air sungai Citarum masih sesuai standar baku mutu air..

“Kami melihat beberapa warga sedang memancing dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Warga pun tidak mengeluh apa-apa kepada personil kami,” paparnya.

Satgas Citarum Harum pun menghimbau kepada masyarakat serta perusahaan yang ada di Karawang untuk sama-sama menjaga kelestarian lingkungan. “Karena tanpa dukungan dan kesadaran masyarakat, maka program yang dilakukan Satgas Citarum Harum tidak akan berhasil,” pungkasnya. (AAS)

Editor: NJK

Sumber:

  1. https://alexanews.co.id/hukum-dan-kriminal/sungai-citarum-kembali-tercemar-fajar-warga-kesulitan-air-bersih/

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA