by

6 Cara Menambah Followers Instagram Secara Natural

KOPI, Jakarta – Bagi yang sering menggunakan media sosial pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu platform media sosial yang bernama Instagram. Media sosial yang fokus pada berbagi konten visual ini awalnya hanya ramai dikalangan segelintir anak muda saja, namun seiring berjalannya waktu kini Instagram menjadi media sosial yang “wajib” dimiliki oleh semua orang dan menggantikan Facebook sebagai media sosial terpopuler.

Populernya Instagram membuat brand-brand maupun influencer mulai mengeluarkan effort untuk mendapatkan followers sebanyak-banyaknya di Instagram dibandingkan dengan media sosial lain yang mulai terlupakan di kalangan mayoritas orang seperti Facebook.

Layaknya media sosial lain, mendapatkan followers di Instagram bukanlah hal mudah dan seringkali effort yang dikeluarkan tidak berbanding lurus dengan hasil yang didapatkan. Nah, oleh karena itu kali ini saya akan membagikan beberapa cara efektif menambah followers di Instagram secara natural agar nantinya hasil yang didapatkan setidaknya berbanding lurus dengan effort yang dilakukan.

Secara natural disini simpelnya mempunyai arti tidak beli followers, memang beli followers bukan sesuatu yang salah dan tidak ada salahnya apabila Anda spend sebagian budget marketing untuk membeli followers, namun cara ini kurang cocok untuk semua orang sebab seringkali harga yang dipatok oleh jasa jual followers Instagram untuk followers yang real human dan aktif berinteraksi tidaklah murah (tidak berarti mahal juga sebenarnya, tapi untuk saya yang beli kuota internet bulanan saja masih banyak mikir tentunya ini terasa agak mahal).

Oke, tanpa berlama-lama lagi berikut ini dia caranya.

1. Buat Profil Akun Semenarik Mungkin

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengedit Profil akun Instagram Anda menjadi semenarik mungkin. Hal ini penting untuk Anda lakukan sebelum lanjut mencoba cara lain dan promosi lebih lanjut, sebab kebanyakan orang akan memperhatikan profil suatu akun sebelum memperhatikan aspek lain seperti konten, selain itu profil juga salah satu aspek utama yang biasanya dipertimbangkan oleh orang-orang sebelum memutuskan untuk memfollow atau tidak memfollow Anda.

Note : Apabila akun yang Anda kelola merupakan akun bisnis maka jangan lupa untuk membuat profilnya terlihat profesional dan legit.

2. Hubungkan Akun Instagram dengan Akun Sosial Media Lain

Mayoritas netizen punya berbagai akun media sosial dan besar kemungkinan bahwa teman/followers Anda di media sosial lain punya akun Instagram, oleh karena itu jangan lupa untuk sambungkan akun Instagram Anda dengan akun media sosial lainnya agar bisa mempromosikan serta memberi tahu teman/followers Anda tentang akun Instagram Anda.

3. Buat Konten yang Menarik dan Unggah Konten Secara Konsisten

Hal terpenting kedua setelah profil akun yang menarik adalah konten yang menarik, profil yang menarik dan konten yang menarik merupakan hal wajib yang perlu ada pada akun Anda apabila ingin mendapatkan followers.

Lalu konten yang “menarik” itu yang bagaimana?

“Menarik” sendiri sifatnya relatif, oleh karena itu penting untuk mencari tahu apa yang sekiranya dianggap “menarik” oleh calon followers dan followers Anda.

Nah, jika sudah tahu seperti apa konten yang dianggap menarik oleh calon followers dan followers Anda maka langkah selanjutnya adalah mengupload konten secara konsisten, semakin sering semakin bagus dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan kualitas, jangan hanya berfokus pada kuantitas saja ya.

4. Gunakan Hastag yang Relevan dan Populer

Penggunaan hastag akan sangat powerful apabila digunakan dengan benar dan apabila dipadukan dengan konten yang menarik serta berkualitas. Penggunaan hastag sendiri tidaklah asal-asalan, penting untuk menggunakan hastag yang relevan dengan apa yang Anda upload, semakin relevan dan semakin populer hastag yang Anda gunakan maka makin tinggi presentase audience non-followers yang akan Anda jangkau, semakin besar jangkauan maka semakin besar pula kemungkinan Anda akan mendapatkan love dan juga follow, jadi jangan lupa untuk gunakan hastag ya.

5. Adakan Event Menarik

Setelah punya basis yang kuat berupa konten dan profil yang menarik, maka langkah selanjutnya adalah mengadakan event yang menarik guna menarik follower baru. Ada berbagai jenis event yang bisa Anda gunakan untuk menarik followers, kontes dan giveaway merupakan beberapa contoh event yang sering digunakan oleh brand dan influencer untuk mendapatkan followers.

6. Merawat Interaksi Antara Akun dan Followers

Setelah mendapatkan followers melalui beberapa cara di atas, maka langkah selanjutnya adalah mempertahankan followers agar tidak meninggalkan akun Anda.

Lalu bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan merawat interaksi yang sehat dan menyenangkan antara akun dan followers, sering-seringlah interaksi dengan followers agar followers tidak berpikir bahwa mereka hanyalah budak sosial media.

Interaksi yang bisa dilakukan sendiri ada banyak, contohnya mengadakan voting untuk next produk yang brand Anda akan buat, atau sesimpel membalas komentar followers Anda.

Nah, dengan interaksi yang sehat dan menyenangkan maka followers akan menganggap bahwa akun Anda merupakan akun yang layak untuk terus diikuti dan layak untuk dipromosikan ke orang lain.

Penutup

Demikian 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah followers akun Instagram, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang membangun brand atau bagi Anda yang ingin menjadi seorang influencer Instagram.

Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA