by

Tips Mencari Peluang Usaha di Kota Sendiri

KOPI, Jakarta – Merantau kini menjadi budaya bagi kebanyakan anak muda di kota-kota kecil, dan selesai lulus sekolah jenjang SMK, banyak anak muda yang memutuskan untuk meninggalkan kota kecil mereka dan mencari ladang penghasil uang baru di kota-kota besar. Meski budaya merantau ke luar daerah sudah lama ada, namun untuk saat ini jumlah orang yang merantau justru cukup banyak.

Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah penduduk di kota Jakarta yang juga didominasi oleh pendatang. Namun hal tersebut tentunya juga didominasi oleh kota-kota besar lainnya. Kebanyakan orang memang lebih objektif dalam melihat potensi di daerah sendiri, dan bila di daerah sendiri sulit untuk menemukan lapangan pekerjaan.

Maka jalan keluar terbaik adalah dengan mencari pekerjaan di tempat yang lebih potensial atau ke kota-kota besar mengikuti para tetangga yang lebih dulu berhasil. Meski demikian, perlu disadari bahwa Indonesia alamnya sangat kaya, dan sumber uang bisa didapat di mana saja dan tak harus ke luar kota atau merantau.

Bagi para pencari kerja atau calon wirausahawan yang ingin menggali potensi yang ada di daerah sendiri, berikut adalah tips mencari peluang usaha di kota atau daerah sendiri.

Kenali karakter diri

Apa yang dimaksud dengan mengenal diri sendiri atau karakter diri? Dalam hal ini yang kita singgung adalah dalam hal peluang usaha tentunya. Maksudnya adalah mengenali sejauh mana kemampuan kita dalam beberapa hal seperti ketrampilan, kebisaan atau kelebihan di bidang tertentu. Dan bila kita punya salah satu potensi di satu bidang, maka itulah yang kita jadikan senjata untuk berrwirausaha.

Baca Juga: Aplikasi Penghasil Uang di iOS

Lirik beberapa potensi di daerah

Mungkin kita tinggal di sebuah kota kecil yang peluang untuk berwirausaha atau lapangan pekerjaannya sangat sulit. Maka cobalah untuk melihat beberapa potensi usaha yang kelihatannya bisa dijalankan sesuai dengan kemampuan pribadi. Sebuah ilustrasi contoh “di kota kecil X, usaha yang berkembang dan paling menonjol adalah makanan atau camilan khas daerah seperti emping, keripik atau jenis lainnya.

Namun yang ada paling maju adalah usaha dalam skala besar dan sudah punya nama. Maka tak ada salahnya menciptakan produk yang sama dengan nama yang berbeda, namun memproduksinya dalam skala kecil atau sebagai usaha rumahan”.

Tetapkan tujuan mencari peluang usaha dan memilih bisnis di kota sendiri

Bila memang memutuskan untuk sukses di kandang sendiri, maka jangan pernah goyah tekad maupun semangat untuk jadi putra daerah terbaik dalam hal wirausaha. Mungkin tujuan untuk sukses di daerah sendiri adalah ingin membangun daerah menjadi lebih baik, maka tetapkan tujuan dan mantapkan tekad.

Pilih yang sekiranya sesuai minat

Ada baiknya bila tidak memaksakan diri dengan peluang usaha yang sulit untuk kita kuasai. Maka pilihlah peluang usaha yang sekiranya senada dengan minat serta gaairah kita dalam berwirausaha. Misalnya minat kita adalah otomotif atau pebengkelan, maka bisa dimulai dengan usaha tambal ban di rumah dan berjualan bahan bakar eceran yang bisa berlanjut menjadi usaha bengkel. Dan tentunya berlaku untuk minat-minat di bidang lainnya.

Demikian artikel mengenai Tips Mencari Peluang Usaha Di Kota Sendiri, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke sosial media anda.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA