by

Tempat Wisata Kudus, Lokasi Wisata Komplit Di Jawa Tengah

-Berita-44 views

Kudus merupakan sebuah daerah yang simpan riwayat KeIslaman yang kental, seperti telah dijumpai jika Kudus sebagai salah satunya tempat perubahan kebudayaan Islam di Jawa pada periode Wali Songo. Hal itu ditunjukkan dengan warisan riwayat yang berbentuk Mushola Agung Demak, Air Tiga Rasa dan pusara Sunan Muria.

Kabupaten Kudus sendiri ada di Propinsi Jawa tengah, dengan Kota Kudus sebagai Ibu Kotanya. Mayoritas daerah Kabupaten Kudus sebagai daratan rendah, di daerah utaranya ada pegunungan Muria.

Tahukah kamu jika awalannya Kudus namanya “Tajug”? Karena ada beberapa bangunan suci umat Hindu. Tetapi sesudah Agama Islam mulai masuk wilayah itu, ditukarlah bernama Kudus yang dengan bahasa Arab memiliki arti Suci. Banyak pelancong yang tiba dari beragam wilayah untuk berziarah ke Kota Kudus, namun ternyata Kudus memiliki tempat-tempat wisata kece yang harus kamu datangi dan rekomended banget buat keluarga.

1. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus sebenarnya namanya Masid Al Aqsa Manarat Qudus, atau umum dinamai Mushola Al Manar. Yang dibangun oleh Sunan Kudus di tahun 956 H atau 1549 M. Sunan Kudus membuat mushola ini dengan ide bangunan yang menyatukan kebudayaan Hindu, Budha, dan Islam tersebut. Hingga terlihat mushola ini benar-benar unik dan cantik.

Nuansa kebudayaan Hindu berasa kental pada bagian menara mushola, di mana pada bagian kaki dan tubuh menara dibuat dengan memakai adat Jawa-Hindu begitu halnya polanya. Saat kamu bertandang ke Mushola Menara Kudus, selainnya melaksanakan ibadah tentu saja kamu juga bisa sedikit mengenali peradaban pada jaman dahulu yang masih ada di mushola itu. Disamping itu, kamu dapat berziarah ke pusara Sunan Kudus yang ada di segi barat kompleks mushola.

2. Desa Wisata Colo

Desa Wisata Colo ada di ketinggian sekitaran 700 mdpl, yang ada di teritori Pegunungan Muria. Yang mulai dirintis jadi sebuah dusun rekreasi di tahun 2012 lalu. Salah satunya tempat rekreasi di dusun colo. google maps. sumber: PakNoor Kudus Saat berkunjung Dusun Rekreasi Colo, kamu bisa lakukan macam rekreasi hebat seperti, berkunjung Air Terjun Motel, lakukan trackking untuk nikmati keelokan Pegunungan Muria, berkunjung Taman Riang Colo, dan berziarah ke pusara Sunan Muria.

3. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin sebagai tujuan rekreasi alam yang perlu kamu datangi saat berkunjung Kudus, persisnya ada di Dusun Piji, Kabupaten Dawe. Tempatnya masih asri dan alami dan mempunyai pemandangan alam yang tidak kalah dari air terjun yang lain. Kamu bisa rasakan kesegaran airnya sentuh badan dan udara sejuk yang beri kesegaran. Tetapi sebelumnya, kamu harus menjejaki jalan yang berbentuk tanah dan batu-batuan di tengah-tengah rimbunnya pohon-pohonan. Perjalanan yang cukup meletihkan itu akan terbayar dengan keelokan yang hendak didapatkan.

4. Desa Wisata Rahtawu

Desa Rahtawu sebagai sisi dari dusun rekreasi yang berada di Kudus, dengan ada di ketinggian sekitaran 1.627 mdpl membuat temperatur udara di dusun ini benar-benar sejuk. Sesuai dengan keelokan pemandangan alam yang terhidang dengan serangkaian pegunungan yang menarik. Ada sebuah gunung yang dikenali bernama Wukir Rahtawu.

Lokasinya ada di samping Gunung Muria. Beberapa pengunjung yang lakukan trackking ke arah pucuk. Disamping itu ada banyak tujuan rekreasi alam yang lain yang bisa kamu datangi. Salah satunya pendakian pucuk 29, pendakian natas angin, berkunjung sungai, bertandang ke kali pethuk, dan ada banyak kembali yang lain.

5. Air Tiga Rasa Rejenu

Air Tiga Rasa persisnya ada di atas Air Terjun Monthel, di samping utara pusara Sunan Muria. Air Tiga Rasa dipercaya mempunyai beberapa manfaat yang dipercaya oleh warga. Diberi nama Air Tiga Rasa, karena masing-masing air mempunyai rasa yang berbeda. Sumber air yang pertama mempunyai rasa tawar dengan sedikit rasa masam.

Yang dipercaya mempunyai manfaat untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit. Sumber mata air yang ke-2 memiliki seperti rasa minuman bersoda, yang bermanfaat tumbuhkan rasa optimis dalam hadapi persoalan hidup.

6. Grey Canyon Kudus

Grey Canyon Kudus sebagai icon rekreasi dari Kudus yang awalannya sebagai galian C hingga tercipta dinding alam dengan nuansa abu-abu yang pada akhirnya melahirkan pemandangan alam yang mengagumkan.

Jadi tidak bingung bila lokasi ini sebagai tempat terbaik untuk lakukan pengambilan foto preweeding. Apa lagi bila sore mulai mendekati, beberapa pengunjung yang ingin mendokumentasikan Grey Canyon bersebelahan dengan alam petang yang elok. Selainnya jadi tujuan rekreasi, Grey Canyon digunakan sebagai tempat balap circuit offroad tingkat nasional di tahun 2010 lalu.

7. Taman Oasis Djarum

Taman Oasis sebuah taman terbuka hijau yang dipunyai oleh PT. Djarum, yang dibuat semenjak tahun 2005 dan jadi tempat asyik untuk kongkow beberapa pemuda sekitaran sampai sekarang ini. Keadaan pohon-pohonan yang teduh dan bersih membuat siapa yang tiba berasa kerasan dan nyaman untuk lama-lama di sini.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA