by

Peringati May Day, Pemkab Jembrana Gelar Vaksinasi untuk 400 Buruh Pabrik Ikan Sarden

KOPI, Jembrana – Dalam rangka memperingati ‘Hari Buruh’ (May Day-red) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana menggelar Vaksinasi Covid-19 untuk 400 orang Buruh Pabrik Ikan Sarden, Selasa (4/5/21). Kegiatan berlangsung di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Para Buruh tersebut merupakan karyawan dari lima pabrik yang bergerak di sektor pengolahan ikan. Pelaksanaan vaksinasi dipantau langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, S.H., didampingi Asisten Administrasi Umum, I Ketut Kariadi Erawan serta Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK), I Komang Suparta.

Kadis PMPTSPTK mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi tersebut sesuai arahan Menaker untuk mengisi peringatan May Day dengan kegiatan bakti sosial dan kegiatan kreatif lainnya. Selain itu, Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, maka Pemkab melakukan vaksinasi dengan target sasaran sebanyak 400 orang pekerja.

“Vaksinasi berlangsung di pabrik pengalengan ikan PT. Indohamafish. Vaksin tidak hanya diikuti karyawan di PT tersebut saja, tapi beberapa perusahaan lain yang beroperasi di Desa Pengambengan,” papar Komang Suparta.

Lanjutnya, di tengah-tengah kegiatan vaksinasi, sebanyak 10 pekerja yang terdampak Covid-19 dan lansia diberikan bingkisan oleh BPD. Ia berharap melalui vaksinasi akan menambah kekebalan tubuh, keamanan, dan kenyamanan karyawan dalam bekerja.

“Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini semua aman, dan kegiatan ini sebagai langkah nyata bersama dalam berpartisipasi meringankan beban kerja pekerjaan/buruh yang terdampak Covid-19,” ujar Komang Suparta.

Sementara itu, menurut Bupati Tamba, kegiatan vaksinasi tidak hanya dilakukan pada hari buruh saja, tetapi juga dilakukan sebagai upaya percepatan target vaksinasi di Kabupaten Jembrana.

Momen May Day kali ini mengangkat tema ‘Internasional, Recover Together’. “Tema tersebut mengusung semangat kolaborasi, pemulihan bersama akibat dampak Pandemi. Mari kita dukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Jembrana, dengan target setiap harinya sebanyak 1300 orang bisa divaksin,” papar Bupati Jembrana.

Bupati Tamba menjelaskan upaya percepatan tidak hanya berhenti sampai di Desa Pengambengan saja, harus bergerak terus menyasar desa-desa lainnya. Terutama pada daerah dengan interaksi tinggi dan padat penduduk.

“Kita terus bergerak mendukung target percepatan jumlah vaksinasi. Sasaran berikutnya adalah Kelurahan Loloan Timur dan Kelurahan Loloan Barat,” terangnya.

Pemkab Jembrana mengharapkan dukungan masyarakat agar ikut berpartisipasi mensukseskan program vaksinasi. “Bagi seluruh warga masyarakat tidak perlu takut divaksin, jangan mendengarkan informasi yang belum pasti kebenarannya,” tegasnya.

Pemkab Jembrana sudah mendapatkan tambahan sebanyak 25 vial vaksin Astra Zeneca, sehingga stok vaksin tercukupi. “Jangan takut, karena orang yang divaksin jauh lebih aman dibandingkan orang yang belum divaksin. Tapi ingat tetap terapkan protokol kesehatan selama masa Pandemi,” pungkasnya. (Abhi/AM)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA