by

Ketua DPD RI Ziarah ke Makam 2 Tokoh Agama Besar di Kalsel

KOPI, Banjarmasin – Di sela-sela kunjungan kerjanyanya di Kalimantan Selatan, Minggu (23/5/2021), Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menyempatkan diri untuk berziarah ke makam dua tokoh agama besar. Makam pertama yang dikunjungi LaNyalla adalah Makam KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau yang akrab disapa Guru Sekumpul yang berada di Martapura, Kabupaten Banjar.

“Almarhum Guru Sekumpul merupakan ulama yang dikenal sebagai tokoh kharismatik di Kalimantan. Semasa hidupnya, beliau memiliki banyak karya, termasuk buah pemikiran yang sangat dihormati umat muslim,” tutur LaNyalla, Minggu (23/5/2021).

Makam Guru Sekumpul merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kalimantan Selatan. Bahkan, peringatan haul sosok yang merupakan keturunan dari ulama besar Kesultanan Banjar Syaikh Arsyad Al Banjari tersebut, selalu dihadiri jutaan orang dari seluruh Indonesia.

“Ini merupakan kekhasan tersendiri bagi masyarakat Kalsel. Karena kealiman dalam ilmu agama dan jasa beliau menyebarluaskan ajaran Islam di Kalimantan Selatan, pengikut Guru Sekumpul memang sangat banyak dan tersebar di seluruh Nusantara,” jelasnya.

Dari makam Guru Sekumpul, LaNyalla mengunjungi makam ulama kharismatik Kalsel lainnya, KH Ahmad Zuhdianoor, atau yang akrab disapa Guru Zuhdi. Lokasi makam Guru Zuhdi yang berada di Belakang Masjid Jami, Banjarmasin, memang kerap didatangi peziarah.

Di pemakaman Guru Zuhdi yang meninggal dunia pada 2 Mei 2020, LaNyalla dan rombongan bersalawat sambil memanjatkan doa. Ketua DPD RI diterima oleh pihak keluarga Guru Zuhdi.

“Guru Zuhdi dianggap sebagai sosok yang bisa mengobati rindu pengikut Guru Sekumpul karena gaya bicara dan penjelasan keduanya kepada jemaah yang mirip. Sungguh kehilangan besar bagi umat muslim di Kalsel atas kepergian beliau tahun lalu,” tutur LaNyalla.

Senator asal Jawa Timur itu memang memiliki kebiasaan berziarah ke makam tokoh ulama dan tokoh besar daerah. Kebiasaan tersebut menjadi salah satu perjalanan spiritualnya sejak masih muda.

“Saat muda dulu saya berziarah ke makam wali-wali dengan berjalan kaki. Dengan melakukan tapak tilas, saya ingin ikut merasakan perjalanan para tokoh yang memiliki jasa besar menyebarkan ajaran Islam di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kunjungan kerja di Kalsel, LaNyalla didampingi oleh Ketua Komite I Fachrul Razi, Wakil Ketua Komite II Bustami Zainudin, Ketua Komite III Sylviana Murni, Jialyka Maharani (Sumatera Selatan), Andi Muh Ihsan (Sulawesi Selatan), Habib Ali Alwi (Banten), serta Sekjen DPD RI Rahman Hadi.

Empat senator dapil Kalsel juga ikut menyambut Ketua DPD RI dan rombongan. Mereka adalah Habib Abdurrahman Bahasyim, Gusti Farid Hasan Aman, Habib Zakaria Bahasyim, dan Habib Hamid Abdullah. Pj Gubernur Kalsel Safirizal juga ikut mendampingi.

Dalam kesempatan itu, rombongan DPD RI ikut meninjau tanah hibah dari Pemprov Kalsel untuk pembangunan kantor perwakilan DPD RI di Kalsel. Lahan tersebut berada di Kompleks Pemprov Kalsel, di Banjarbaru.

“Luas tanahnya sekitar 1/2 hektar. Kami berikan hibah tanah ini kepada DPD, untuk dibangun kantor perwakilan,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Kalsel, Dicky Hermawan.(*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA