by

Kembali Dirotasi, Ini Jabatan Lowong di Pemkot Pagaralam

KOPI, Pagaralam –  Dirotasinya  beberap kepala dinas dan kepala badan dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam oleh Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni dalam pelantikkan 165 orang pejabat yang terdiri dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau Eselon II, jabatan Administrator atau eselon III dan Jabatan Pengawas atau eselon IV di Gedung Serbaguna SD Negeri 74 Kota Pagaralam, Senin (26/4/21) lalu, menambah daftar panjang kekosongan jabatan kepala dinas (kadis) dan kepala badan (kaban) pada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kekosongan terjadi pada Badan Keuangan Daerah (BKD) setelah Iwan Mieke Wijaya dialihtugaskan sebagai  Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, begitu juga dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) juga kosong lantaran A.Parliansyah di mutasi sebagai Staf Ahli bidang Kesejahteran dan SDM, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kosong karena Joni kepala dinas sebelumnya di mutasi sebagi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setdako Kota Pagar Alam.

Selanjutnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang juga terpaksa kosong lantaran Saidi Amrullah Kadis sebelumnya di mutasi sebagai Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Sebelumya Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) sejak awal berdiri memang masih kosong.

“Mutasi dalam suatu organisasi adalah hal yang biasa dan merupakan tuntutan organisasi,” jelas Sekretaris daerah Kota Pagaralam Drs. Syamsul Bahri Burlian saat di konfirmasi melalui WhatsApp, Kamis (29/4/21) terkait mekanisme dan tahapan pergantian khususnya pejabat eselon II setingkat kepala dinas dan kepala badan.

Masih menurut Syamsul, mutasi pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Pagaralam telah melalui tahapan sesuai ketentuan. Tahapan awal adalah dilakukan test Job fit yang dilakukan Oleh Panitia jobfit pada tanggal 7 dan 8 April 2021 di Palembang yang diikuti delapan orang.

Dari hasil rekomendasi panitia jobfit yang disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), yaitu kepala daerah dalam hal ini walikota Pagar Alam yang berkepentingan untuk mengajukan usulan mutasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) diJakarta.

“Berdasarkan rekomendasi panitia job fit, walikota Pagar Alam mengajukan usulan mutasi kepada KASN diJakarta dan dikeluarkanlah rekomendasi oleh KASN dengan merotasi Saudara Iwan Mieke Wijaya, A. parliansyah dan Joni menjadi staf ahli walikota namun tetap pada eselon yang sama yakni eselon II, sementara Saidi Amrulah, Zaitun, Agus Ahmad dan Paber Napitupulu menjabat kepala dinas, masing-masing pada dinas perpustakaan dan kearsipan, dinas ketahanan pangan dan perikanan, dinas sosial serta dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindundungan Anak dan Perempuan, sedangakan Hermawan kepala dinas sebelumnya dirotasi sebagai assisten III,” terang sekda.

Disinggung masih banyaknya pimpinan OPD yang kosong, Syamsul menambahkan dalam waktu dekat kembali akan dilakukan lelang jabatan, itu artinya kembali akan dilakukan pelantikkan. “Untuk mengisi posisi kepala dinas atau badan yang kosong dilingkungan Pemkot Pagar Alam, dalam waktu dekat segera kita lakukan lelang jabatan,” pungkasnya. (JF)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA