by

Kecoa Unik? Ini Faktanya!

KOPI, Jakarta – Kecoa ialah hewan yang sangat menjijikkan, hidupnya di selokan serta bawa penuh penyakit. Dikala memandang kecoa terdapat rasa khawatir serta kadangkala membuat merinding. Amankan santapan Kamu bila kecoa terdapat disekitar rumah.

Bicara soal kecoa, hewan yang mempunyai nama Periplaneta sp ini nyatanya mempunyai kenyataan– kenyataan yang menarik buat di bahas serta Kamu tahu. Semacam apa kenyataan menarik tentang kecoa, berikut penjelasannya.

1. Kecoa Hidup Lebih Tua dari Dinosaurus

Manusia purba ialah nenek moyang kita mungkin memiliki perasaan menjijikkan sama dengan kita kayaknya turun- menurun bila memandang kecoa. Parahnya lagi dijaman manusia purba belum terdapat toksin buat serangga.

Bagi riset berkata kalau kecoa telah terdapat semenjak 400 juta tahun yang kemudian. Mereka terdapat dikala dinosaurus masih hidup serta pertanyaannya, gimana kecoa masih dapat hidup hingga saat ini namun fauna lain semacam dinasaurus telah punah. Ini masih belum dapat dipecahkan oleh penetili hingga saat ini.

2. Banyak Tipe Kecoa di Dunia

Terdapat 4. 000 lebih tipe kecoa yang ditemui oleh para periset. Tipe kecoa berbagai macam wujud serta dimensi yang tersebar diseluruh dunia, kecuali di kutub utara, Antartika. Terdapat 30 spesies kecoa yang berpotensi jadi hama yang membahayakan manusia. Sebagian besar tipe kecoa hidup di hutan, entah dibawah tanah ataupun pepohonan. Sisanya tinggal di goa, lading sawah, rawa, padang rumput serta pula terdapat di padang pasir.

3. Omnivora

Dari judulnya kecoa pemakan segalanya, santapan semacam bangkai, kertas, kain, sabun, kayu, sisa santapan manusia serta lebih parahnya lagi kecoa makhluk kanibal, memakan sesamanya. Dapat disimpulkan kalau kecoa ini tidak bakal kehilangan bahan santapan.

Kenyataan uniknya yang awal, kecoa dapat bertahan hidup hingga berminggu-minggu tanpa santapan. Ini memiliki uraian ilmiahnya ialah berkaitan dengan hewan berdarah dingin, yang maksudnya kecoa dapat melindungi tingkatan metabolisme badan supaya senantiasa rendah. Kenyataan unik yang kedua, kecoa tidak dapat hidup tanpa air, bila menciptakan kecoa mati, berarti kecoa mati sebab kehausan namun dengan kondisi Kamu tidak menyemprotkan toksin serangga.

4. Dapat Menahan Napas Hingga 40 Menit

Kecoa memiliki keahlian yang unik ialah dapat menahan napas sampai 40 menit. Ini diakibatkan oleh lubang pernafasan di badan kecoa yang diucap dengan spiracle. Banyak serangga mempunyai lubang badan ini.

Metode mereka dapat menahan napas lebih lama, sebab dikala kecoa di celupkan kedalam air, spirulsi bisa menutup serta menaruh hawa yang dapat dipakai hingga 40 menit lamanya. Dengan keahlian ini membuat kecoa dapat terhidar dari bahaya serta dapat mencari tempat yang nyaman.

5. Kecoa dapat hidup tanpa kepala

Bisa jadi Kamu sempat dengar terdapat hewan yang masih hidup bila kepala mereka terpenggal ataupun terputus. Salah satunya hewanya merupakan kecoa, kecoa benar-benar dapat hidup tanpa kepala serta dapat hidup dalam seminggu dengan kondisi semacam itu. Pemicu kecoa dapat hidup tanpa kepala sebab badan mereka bergerak dari bagian badan tengah. Meski otak mereka terpisah dengan badannya, badan tengah mereka dapat mengendalikan fungsi-fungsi yang vitar dari badan kecoa. Kematian kecoa sebab kehausan, dapat diakibatkan dari kepala mereka yang lenyap serta kecoa tidak dapat minum.

6. Dapat bertahan hidup dari radiasi tinggi

Keahlian hidup kecoa tidak boleh diragukan dari hidup tanpa kepala hingga dapat hidup dengan area yang mempunyai radiasi tingkatan besar. Keahlian ini diberitakan oleh para periset kalau badan kecoa bisa mentolerir dari radiasi tingkatan besar serta melampaui manusia dalam bertahan hidup terhadap radiasi.

Perihal yang jadi tolak ukur mengapa kecoa dapat hidup dilingkungan radiasi besar merupakan dikala kota Hirosima serta Nagasaki diledakan pada perang dunia kedua dengan nuklir. Ditemui kecoa yang masih hidup di kota tersebut. Apalagi dikala musibah nuklir terburuk di dunia yang terjalin di kota Cherobyl, kecoa masih banyak keliaran di kota tersebut.

Kecoa dapat diasumsikan cuma dapat bertahan hdup dalam area yang mempunyai tingkatan radiasi besar serta kebal terhadap serbuan nuklir.

7. Hidup berkelompok

Banyak hewan mempunyai watak berkelompok, kecoa salah satunya. Bila Kamu memandang kecoa cuma satu dirumah, mungkin terdapat sekelompok kecoa terletak dirumah Kamu. Mereka hendak menyebar buat mencari santapan dirumah Kamu. Salah satu metode kecoa berbicara bila menciptakan santapan merupakan dengan meninggalkan kotoran, dengan metode semacam itu kecoa yang lain mengenali posisi sekumpulan yang yang lain.

8. Kawin sekali seumur hidup

Seperti ketentuan kawin manusia, kecoa betina dapat kawin sekali seumur hidup. Kenyataannya kecoa betina tidak mewajibkan di kala masa kawin, kecoa betina wajib kawin. Sebab kecoa betina dapat menaruh mani kecoa jantan serta dapat memakainya pada waktu yang diinginkannya. Apalagi kecoa betina yang usianya rentan ataupun pendek, sanggup menaruh mani jantan seumur hidupnya. Telur kecoa umumnya disimpan di dalam kantong spesial yang disebut Ootheca serta hingga telur tersebut menetas.

9. Merangsang penyakit asma

Riset permasalahan yang dicoba oleh American College of Allergy melaporkan kalau kotoran, air liur serta melontarkan badan kecoa ke hawa dapat merangsang penyakit asma. Mereka menciptakan didalam badan kecoa mempunyai sejenis protein yang ialah allergen untuk sebagian orang, protein ini yang menimbulkan penyakit asma untuk manusia.

10. Menggemari Bir

Ya, pasti saja kecoa menggemari bir. Bir mempunyai isi alcohol serta gula. Kecoa menggemari santapan ataupun minuman yang sifatnya manis semacam gula. Hingga dari itu, kecoa dapat menggemari bir yang mempunyai kandungan gula.

Dari kenyataan yang telah disebutkan, kecoa ialah salah satu hewan ciptaan tuhan yang unik. Dari sekian banyak hewan ciptaan tuhan tentu mempunyai guna dalam ekosistem. Butuh diingat Kembali, kecoa mempunyai banyak penyakit, untuk manusia hewan ini tidak butuh terdapat didalam rumah. Bila terdapat hewan ini dirumah Kamu, berarti terdapat peringatan buat Kamu buat melindungi kebersihan rumah Kamu.

Bila kecoa ini terdapat dirumah Kamu dengan jumlah yang banyak, hingga butuh memanggil jasa pengendali hama. Sebab Kamu tidak hendak sanggup buat membereskannya sendirian. Cari saja jasa pest control yang handal yang terpercaya di wilayah Kamu. Mudah- mudahan postingan ini bisa menolong Kamu.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA