by

GP Ansor Musi Rawas Serukan Solidaritas untuk Bantu Korban Banjir

KOPI, Musi Rawas — Gerakan Pemuda Ansor dan Banser di Kabupaten Musi Rawas (Sumsel) menyalurkan aneka bantuan untuk korban banjir bandang di Kecamatan Selangit dan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas, Jumat (28/5/2021).

Merespons bencana yang terjadi di beberapa wilayah Musi Rawas, Gerakan Pemuda Ansor mengerahkan anggotanya untuk membantu korban terdampak.

Sekretaris Umum GP Ansor Rian Ardica mengatakan, sesaat terjadinya bencana GP Ansor langsung mengerahkan anggota Barisan Ansor Serba Guna Tanggap Bencana (BAGANA) untuk mendatangi lokasi untuk membantu para korban terdampak.

Pria yang karib disapa Rian ini mengatakan, Banser dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas seperti langsung dikerahkan untuk membantu dan menolong korban banjir.

Bentuk bantuannya, diantaranya membantu mengangkat puing reruntuhan rumah dan sekolah, membantu logistik makanan dan berbagai bentuk lainnya.

“Ansor sudah mengirim bantuan personel ke Selangit dan STL Ulu Terawas,” demikian kata Rian kepada Pewarta Indonesia, Jumat (28/5/2021).

Selain itu, Rian mengatakan, GP Ansor juga sudah menginstruksikan agar pengurus di seluruh daerah menggalang donasi dana. Dana yang terkumpul langsung disalurkan ke para terdampak bencana banjir bandang.

“Penggalangan dana akan terus dilakukan sampai cuaca membaik. Kita berharap tidak ada musibah. Seperti banjir yang terjadi lagi di dua wilayah Kabupaten Musi Rawas. Kita akan terus update musibah, mudah-mudahan tidak akan terjadi bencana di daerah lain,” kata Rian.

Dalam situasi bangsa Indonesia saat ini, GP Ansor mengimbau seluruh masyarakat menggalang solidaritas kemanusiaan untuk saling menolong satu sama lain.

“Kita harus galang solidaritas kemanusiaan kita sebagai anak bangsa saling bahu-membahu, menolong korban. Kita harus sabar dan berdoa pada Alloh SWT – Tuhan Yang Maha Kasih agar musibah ini segera berlalu dan tidak terjadi di daerah lain,” tandas Rian.

Secara khusus, Rian mengatakan, GP Ansor meminta pemerintah untuk memperhatikan penerapan protokol kesehatan virus corona baru (Covid-19).

Rian berharap, rentetan bencana yang terjadi di berabagai daerah tidak memunculkan klaster penyebaran Covid-19

“Kita memohon stake holder agar tetap waspada agar tidak jadi klaster baru, agar masyarakat di pengungsian dan saat memberikan bantuan benar-benar diberi fasilitas yang menjamin penerapan prokes. Masyarakat akhirnya dapat bebas dari bencana tapi juga Bebas dari Covid-19,” pungkasnya. (Vhio)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA