by

Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Anda Siapkan

-Berita-43 views

Bagi para calon orang-tua, menyiapkan semua peralatan bayi memang sebuah kewajiban yang perlu dilaksanakan. Tetapi apa yang perlu dipersiapkan? Perihal ini pula yang kerap membuat orang-tua baru ketidaktahuan, karena baru pertama kalinya.

Saat-saat menyongsong kelahiran buah kesayangan memang peristiwa yang menyenangkan, tetapi juga sekalian menyusahkan. Bagaimana tidak? Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan beragam peralatan untuk bayi harus juga dibeli. Nach, bukannya langsung tiba ke toko, seharusnya buat terlebih dulu lis perlengkapannya, namanya bayi laki – laki dan perempuan pasti membutuhkan perlengkapan yang harus disiapkan.

Untuk Anda yang menunggu kelahiran buah kesayangan, kemauan beli banyak barang untuk bayi tentu besar sekali. Untuk pastikan Anda telah mempersiapkan semua peralatan bayi yang dibutuhkan, lihat daftarnya berikut:

Kain Bedong Perlengkapan Bayi

Perlengkapan pertama yang penting dan harus dipersiapkan ialah kain bedong. Kain ini bermanfaat untuk membuntel badan bayi supaya lebih hangat dan nyaman khususnya saat sedang tidur. Persiapkan minimal dua lusin atau 12 kain, ataupun lebih bagus imbangi dalam jumlah popok bayi.

Perlak Perlengkapan Bayi

Sebagai alas tidur yang bisa membuat perlindungan kasur supaya tidak kotor atau basah saat bayi pipis. Peralatan bayi yang ini harus ada di dalam rumah. Pilih perlak yang permukaan atasnya tetap kering walau terserang ompol supaya bayi masih tetap nyaman dan tidak basah.

Pakaian Bayi

Banyaknya opsi mode baju bayi yang lucu-lucu dan menggemaskan tentu membuat Anda ingin memboyongnya. Tetapi harus diingat, prioritaskan pilih yang nyaman dan dibuat berbahan halus untuk kulit bayi.

Baju yang perlu dipersiapkan ini terbagi dalam kaos lengan panjang dan pendek, singgelt dan celana panjang dan pendek yang masing-masing sejumlah minimum satu lusin. Persiapkan satu atau dua topi kain bayi untuk digunakannya saat ke luar rumah.

Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Terkesan sepele, dua peralatan bayi ini kerap dilalaikan walau sebenarnya perannya cukup penting untuk bayi. Yaitu jaga bayi masih tetap pada keadaan hangat walau temperatur sedang dingin dan membuat perlindungan kuku-kuku bayi supaya tidak mencakar muka atau anggota badan yang lain. Sarung tangan dan kaos kaki ini cukup Anda persiapkan masing-masing tiga sampai empat pasang.

Peralatan Mandi

Penyeleksian perlengkapan mandi bayi jangan asal-asalan. Tentukan bak mandi yang mempunyai sisi tempat duduk, tidak begitu dalam, aman untuk bayi, dan dengan bahan plastik yang kuat dan enteng. Untuk sabun dan shampo, pakai yang khusus bayi supaya tidak perih bila terserang mata. Usai mandi, keringkan bayi dengan handuk yang halus dan gampang mempernyerap air.

Popok Kain dan Pampers

Bayi yang baru lahir pasti tidak dapat memberitahukan saat ingin buang air. Karena itu yakinkan Anda mempersiapkan dua peralatan ini di dalam rumah. Siapkan minimal dua lusin popok dan selusin pempers. Pasangkan popok untuk bayi setiap hari dan pampers saat melancong.

Perlengkapan Perawatan Seperti Minyak Telon dan Bedak Bayi

Mengoleskan minyak telon sesudah mandi mempunyai tujuan untuk menghangatkan bayi. Tetapi sebelumnya, yakinkan bayi tidak mempunyai alergi padanya. Bedak bayi dan baby oil digunakan untuk jaga kulit bayi masih tetap lembut, halus, dan harum. Dan sebagai peralatan tambahan, persiapkan tisu kering, tisu basah, kain kasa, plester demam, dan cotton bud.

Tempat Tidur

Ada banyak pilihan tempat tidur bayi tetapi dianjurkan untuk beli yang lembut dan rata dan di antara kasur dan tempat tidur tidak ada sela. Melengkapi dengan kelambu supaya bayi terlindungi dari gigitan nyamuk saat tidur.

Peralatan Menyusu

Peralatan ini mencakup botol susu dan alat pembersihnya. Untuk botol, pilih yang bebas bahan kimia dan gampang digenggam. Sementara pembersihnya pakai sikat panjang yang lembut dan spons supaya botol masih tetap steril.

Gendongan Bayi

Untuk bayi baru lahir, pakai gendongan yang ada di muka. Ini akan menolong mengurusi bayi saat rewel ingin terus digendong. Walau akan jarang-jarang dipakai, seharusnya siapkan 2 buah untuk mengantisipasi bila perlu ditukar.

Dalam soal menjaga bayi baru lahir memang berlainan dengan bayi yang sudah mencapai umur beberapa waktu. Karena itu tidak cuma mempersiapkan peralatan untuk bayi, beberapa ayah dan ibu baru harus juga ketahui banyak hal berikut:

Menyusu Tiap 1-2 Jam

Saat waktu bayi, buah kesayangan mempunyai lambung yang kecil, bayi akan menyusu dengan jumlah sedikit tetapi berkali-kali. Umumnya saat baru lahir, bayi akan menyusu setiap satu sampai dua jam setiap harinya. Saat ingin menyusu, bayi biasanya akan menangis dengan kuat, menghisap tangannya atau mengecap-ngecap.

Sering Gumoh

Mengeluarkan kembali susu yang berada di mulut atau gumoh umum terjadi sesudah bayi menyusu. Oleh karenanya, peralatan untuk bayi seperti tisu dan celemek dibutuhkan supaya bayi masih tetap bersih. Untuk menahan gumoh, tegakkan status bayi sepanjang 30 menit sesudah menyusu dan diamkan dia bersendawa.

Tidur Selama 16-18 Jam Sehari

Waktu tidur bayi memang lumayan panjang, yaitu sekitaran 16-18 jam satu hari dengan lama satu sampai dua jam dalam sekali tidur . Maka tidak boleh bingung bila bayi cuman bangun saat dia ingin menyusu, sebab menganggap lapar.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA