by

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Cepat Bertelur

KOPI, Jakarta – Beternak merupakan sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan. kita bisa mengenal ciptaan Tuhan dengan lebih dekat, dan peternak Kita juga bisa memahami sifat-sifat yang ada di dalam hewan. dan bahkan dengan peternak Kita juga bisa mendapatkan keuntungan secara materi.

Manfaat yang kita dapatkan cita-cita peternak adalah kita bisa menjual hewan ternak kita, atau menjual telur, menjual bulu, dan lain sebagainya. maka dari itu banyak sekali masyarakat Indonesia yang memilih pekerjaan sebagai peternak ini.

Salah satu hewan yang saat ini viral untuk diternakkan adalah ikan cupang. peternak ikan cupang sangatlah mengasyikkan bagi banyak orang. karena cara beternak nya tidak sulit dan juga tidak rumit, tidak memerlukan banyak tempat untuk kandang.

Salah satu keuntungan yang bisa dapatkan dari beternak ikan Cupang adalah apabila ikan cupang yang kita ternak bertelur dan melahirkan, maka kita akan mendapatkan anakan ikan cupang yang banyak. Dengan anakan ini kita bisa menjual bibit ikan cupang kepada para kolektor.

Di artikel kali ini saya akan memberikan cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur. Yang mungkin ada diantara kalian yang belum paham bagaimana cara mengawinkan ikan cupang ini.

Hari pertama perkawinan

Di hari pertama pengawinan ikan cupang ini, silakan hubungkan antara jantan nanti dalam satu kolam. usahakan ikan cupang jantan yang didatangkan ke kolam si betina. Hal ini dikarenakan agar si betina tidak stres, dan akhirnya sulit untuk kawin.

Hari kedua perkawinan

Di hari kedua pengawinan ini biasanya si jantan akan mengeluarkan banyak gelembung gelembung di permukaan air. gelembung-gelembung ini memiliki fungsi untuk naruh telur dari ikan cupang. Jika di hari kedua ini kamu belum mendapati gelembung-gelembung yang dibuat jantan, maka Biarkan saja dan tunggu sampai keluar gelembung-gelembung. mungkin si ikan cupang jantan membutuhkan waktu untuk perkenalan dengan kolam baru tersebut.

Hari ketiga perkawinan

Di hari ketiga ini biasanya si betina sudah mengeluarkan telur telur calon bibit dari ikan cupang, jika sudah sampai tahap ini maka proses pengawetan ikan cupang sudah berhasil. maka kamu tinggal menunggu telur-telur dari ikan cupang tersebut menetas Lahir menjadi bayi-bayi ikan cupang kecil-kecil.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan kepada kamu semuanya, terkhusus kepada kalian sedang mencari tutorial cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur. Semoga artikel ini bermanfaat!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA