by

Cara agar Kamu Fokus Saat Bekerja

-Berita-67 views

Mengerjakan berbagai pekerjaan dan tanggung-jawab bukanlah hal gampang. Perlu fokus penuh supaya kamu mendapat hasil optimal. Saat ingin menuntaskan tugas, kadang kerap menjumpai banyak masalah. Destruksi ini yang mengakibatkan tugas jadi tidak selesai on time, terlambat, atau bahkan juga justru amburadul.

Bekerja dengan fokus penuh ini diberi nama deep work. Konsentrasi dan fokus dalam soal apa saja akan menggerakkan kekuatan kognisi atau berpikiran, hingga bisa memberikan hasil yang memberikan kepuasan.

Misalkan selainnya pekerjaan usai sama sesuai deadline, kamu sanggup menghasilkan gagasan, ide atau pengembangan baru berkaitan tugas. Ini baik sekali untuk perubahan profesimu, seperti kedudukan dan upah naik, mendapatkan bonus, atau animo lain dari perusahaan. Akan tetapi, bekerja konsentrasi dan fokus tidak mudah. berikut Ini strategi sukses yang telah di ringkas oleh lowongan kerja, untuk fokus dan konsentrasi saat bekerja menurut :

Jadikan fokus sebagai kebiasaan

Fokus itu dapat dilatih. Satu diantaranya kemauan kuat untuk konsentrasi dengan yang kamu lakukan. Buat seperti janji pada diri. Misalkan sepanjang tugas belum usai, kamu tidak main media sosial atau menonton drama korea.

Taruh handphone dalam tas, supaya mata dan pemikiran tidak terdistraksi. Tangan juga “tidak gatal” sentuh handphone. Kerjakan hal sama selanjutnya tiap kamu bekerja. Lama-lama pasti jadi rutinitas. Bahkan juga bisa menyebarkan “virus baik” ini pada orang lain.

Simak Juga : https://github.com/LingkarJateng

Mulai dari yang terpenting

Meski tugas yang diberi atasan banyak, kamu harus membuat fokus. Prioritaskan tugas yang deadline-nya telah minim. Konsentrasi dan fokus menuntaskan tugas itu lebih dulu. Kemudian, lanjut ke tugas paling penting selanjutnya di posisi kedua. Bila kamu serakah kerjakan semua tugas pada sebuah waktu, hasilnya tidak optimal.

Multitasking memanglah bagus, tapi beresiko lakukan kekeliruan. Ini yang perlu dijauhi. Lebih bagus lakukan satu demi satu, tetapi tugas tepat dan benar, dibandingkan dapat kerjakan banyak, tapi hasilnya kurang memberikan kepuasan.

Bekerja di tempat yang tenang

Untuk tetap fokus dan fokus sebenarnya banyak langkah yang dapat dilaksanakan. Bergantung type setiap orang. Tapi umumnya konsentrasi dan fokus bisa terwujud jika bekerja di lokasi yang tenang. Jauh dari masalah, seperti orang bercakap, musik yang kuat, dan yang lain. Yang jelas kurang suara. Karena, satu suara bisa mengacau fokus yang telah kamu buat.

Begitu telah terusik, susah untuk kembalikan konsentrasi seperti sebelumnya. Waktu memengaruhi. Misalkan pagi hari di saat fajar. Rerata orang masih tidur, kamu bisa bekerja di dalam rumah dengan tenang. Paling cuman dengar suara burung atau ayam berkokok.

Lain dengan siang hari. Bila kamu masih work from home, bekerja jadi sulit konsentrasi. Ada-ada saja masalah, seperti anak tetangga menangis, suara alat perkakas dari rumah yang dibuat, sampai suara emak-emak bergosip.

Jauhkan gadget dari jangkauanmu

Gadget seperti handphone dapat disebut destruksi paling besar saat bekerja. Sedikit-sedikit membuka handphone, saksikan posting Instagram, menonton mukbang di youtube, main tiktok, kapan tugas dapat usai? Konsentrasi akan susah diraih. Pikiranmu selalu tertuju pada handphone. Ini yang perlu selekasnya dijauhkan. Jika masih terusik dengan suara pemberitahuan handphone, kamu dapat mematikan handphone saat bekerja. Atau menyembunyikan saja dalam tas atau almari.

Yang perlu kamu tidak menyaksikan handphone dahulu untuk beberapa waktu. Akhirnya, kamu dapat bekerja dengan konsentrasi, cepat, dan hasilnya optimal. Karena masalah paling berat telah disingkirkannya saat sebelum mengawali tugas.

Baca Juga : http://blogs.harvard.edu/stoptorture/

Istirahat jika sudah lelah

Fokus dan konsentrasi saat bekerja dapat membuat kamu menuntaskan pekerjaan bisa lebih cepat. Itu karena tenaga dan pikiranmu tercurah semuanya ke pekerjaan itu.

Kamu pasti terserang rasa capek. Entahlah itu sesudah bekerja atau di tengah bekerja. Demikian capek menghinggap, selekasnya istirahat. Istirahat 10-15 menit saat sebelum berperang kembali.

Kamu dapat manfaatkan waktu istirahat dengan dengarkan musik, ngemil, minum, olahraga enteng, atau lakukan apa saja yang membuat pemikiran santai, tidak tegang. Tapi ingat, tidak boleh mengambil waktu istirahat dengan bermain handphone. Tugasmu justru dapat tidak terurus.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA