by

Bisnis Online Shop yang Sukses Jual Produk Hingga 350%, Apa Rahasianya?

KOPI, Jakarta – Hany Purnama Asri, merupakan salah satu pemilik bisnis online shop sukses yang merintis usahanya dari bawah. Bermula sebagai reseller, kini ia telah memproduksi sendiri bisnis fashion miliknya yakni @rifanyhijab.

Hany mulai membuka bisnis online shop @rifanyhijab pada Oktober 2017 lalu. Produk-produk yang ia jual merupakan hasil produksinya sendiri. “Awalnya masih ke orang produksinya, lalu Januari 2018 suami memutuskan bikin sendiri,” kata Hany.

Bisnis online shop Hany terbilang sangat lancar dan sukses. Pada moment Shopee 12.12 lalu, olshop @rifanyhijab berhasil tembus sebanyak 46.841 alamat dalam sehari. Jumlah yang terlampau besar untuk ukuran online shop.

Perempuan asal Bandung ini sudah kenal bisnis online shop sejak tahun 2012 silam dengan nama toko @olshopfany. Di sana, ia menjual aneka jenis dagangan dari tas, kosmetik, baju, hingga bantal.

Saat itu Hany masih bekerja sambil jualan. Awal mula memulai bisnis online shop itu rupanya tak begitu lancar, bahkan barang yang ia jual sempat tak laku sama sekali.

“Dulu pertama kali banget aku jual tas, aku stock. Sisa gaji aku pakai buat modal beli tas, dan enggak laku sama sekali,” kata perempuan berusia 27 tahun itu.

Namun ia tak patah semangat, dibantu oleh suaminya yang saat itu masih menjadi kekasih, Hany mulai stock pakaian. Lagi-lagi tak begitu laku.

“Udah gitu enggak selesai sampai di situ. Aku coba lagi, sempet stok lagi baju uang dari pacar sekarang suami. Dia dapat arisan, modalin aku beli barang. Tapi enggak semua habis, tetapi akhirnya aku jualan gambar aja gitu. Kalau ada beli baru belanjain,” jelasnya.

Hany Purnama Asri

Dari tahun 2012 hingga 2017, Instagram @olshopfany sudah memiliki lebih dari 250 ribu pengikut. Prestasi pertama yang ia raih dari bisnis online shop ini adalah mendapat penghargaan dari Shopee karena penjualan meningkat hingga 350% di momen 10.10 pada tahun 2016.

Melihat peluang yang ada, akhirnya Hany memutuskan jualan produknya sendiri. Dibantu oleh suaminya, Hany kini telah memiliki produk dan brand sendiri. “Dimulailah @rifanyhijab dari mulai Oktober 2017. Aku sering promo di Instagram aku yang @olshopfany awalnya,” tandasnya.

Dalam posisi hamil 6 bulan, Hany mengurus @rifanyhijab sendiri. Ia sengaja ingin memegang kendali sendiri bisnisnya itu, karena khawatir terjadi banyak kesalahan. Sementara karyawannya fokus mengatur @olshopfany.

“Dari Oktober 2017-Januari 2018 aku yang balesin chat, packing sendiri. Padahal aku ada karyawan dan mereka masih ngerjain bisnis online shop aku yang @olshopfany. Jadi aku sama suami bagi tugas. Aku urus semua marketing dan suami aku bagian ngurusin produksi,” imbuhnya.

Setelah melahirkan, Hany terpaksa melimpahkan kepercayaan kepada karyawannya agar ia sendiri bisa fokus pada anak dan fokus bagian marketing. Saat ini, akun Instagram @rifanyhijab sudah tembus lebih dari 1 juta pengikut dan melayani pembelian secara grosir.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA