by

Bamsoet Resmikan Program JKJ Plus di Jembrana

KOPI, Jembrana – Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang bahagia dan sehat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana meluncurkan Program Jembrana Kembali Jaya Plus (JKJ Plus). Acara berlangsung di area parkir Kebun Raya Jagatnatha, Jembrana, Bali, Minggu (16/5/2021).

Peluncuran JKJ Plus diawali pengguntingan pita oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan didampingi Bupati Jembrana, I Nengah Tamba serta Wakil Bupati, I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Kepada awak media Pewarta Indonesia, Bupati Tamba menjelaskan Program JKJ Plus bergerak di bidang kesehatan. Program tersebut bertujuan  untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selain itu, fasilitas tambahannya berupa layanan home care, emergency medical service dan aplikasi med care untuk konsultasi kesehatan online. Tujuannya semata mata untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan.

“Pemkab Jembrana akan menempatkan para dokter di setiap desa se-kabupaten Jembrana yang selama ini jauh dari pelayanan kesehatan.  Secara rutin mereka juga  ditugaskan melayani kesehatan orang-orang suci seperti Sulinggih, Kyai, para Ulama, dan tokoh agama umat Islam,  Pendeta dan Biksu di kediaman masing-masing,” papar Tamba.

Ia menambahkan, pendekatan pelayanan kesehatan juga akan didukung oleh aplikasi mobile (Med Care) berupa konsultasi dengan tenaga medis.Tujuannya untuk memudahkan ibu hamil atau yang sedang mengalami gejala gangguan kesehatan.

Sementara itu, Kadinkes Jembrana, Dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, menjelaskan program JKJ Plus didukung oleh tim dari puskesmas dengan 10 mobil dan 1 mobil  swab RSU Negara. Masing masing tim, kata Parwata, lengkap dengan  petugasnya terdiri atas dokter, paramedis, analis, ahli gizi dan nakes lainnya.

“Program ini sesuai dengan visi bupati dan wakil bupati, dalam 100 hari kepemimpinannya mewujudkan program prioritas dibidang kesehatan. Melalui penerapan visi pada  poin Jana Kerti, mendekatkan pelayanan, khususnya bagi masyarakat yang belum mandiri untuk memperoleh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Nantinya secara rutin mereka  dikunjungi,” papar Parwata.

Selanjutnya, tim dari masing masing Puskesmas itu tiap bulannya akan dimonitoring melalui  pelaporan kegiatan. Demikian pula apa permasalahan dan bagaimana upaya agar secepatnya dicarikan  solusi untuk penyempurnaan program  ini.

Dengan dilaunchingnya  JKJ Plus, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberikan apresiasi kepada Pemkab Jembrana. Menurutnya sudah kewajiban pemerintah memberikan pelayanan yang  baik khususnya disektor kesehatan kepada masyarakat.

“Selamat atas diluncurkannya program ini. Semoga bermanfaat dan memudahkan warga Jembrana dalam mengakses pelayanan kesehatan,” kata Bamsoet.

Kepada Bupati Jembrana, Bamsoet juga titip pesan untuk fokus soal penanganan Covid-19. Dengan realisasi vaksinasi yang sudah mencapai 2 juta, ia optimis penyebaran virus bisa ditekan.

“Realisasi vaksinasi Bali cukup tinggi demikian juga di Jembrana. Saya optimis ditambah penerapan prokes secara disiplin, pertengahan tahun Bali sudah siap kembali menerima wisatawan. Bali akan ramai lagi dikunjungi wistawan, baik itu domestik maupun internasional,” pungkasnya. (Abhi/AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA