by

Tips Menyimpan Dokumen di Microsoft Word 2013 untuk Pemula

KOPI, Surabaya – Dokumen apapun yang telah di tulis di ms. word 2013 menjadi percuma kalau tidak disimpan. Sudah capek-capek menulis di ms. word 2013 tidak tahu caranya menyimpan. Apalagi kalau dalam menyimpan dokumen tersebut kita memakai fasilitas tambahan seperti memberikan password ketika menyimpan.

Supaya apa? Supaya ketika di buka oleh orang lain tidak bisa kalau dia tidak memiliki password yang sudah kita set sebelumnya.

Tahap Belajar Komputer sadar akan pentingnya memberikan tutorial yang sederhana ini. Akan tetapi kami akan memberikan ulasan secara menyeluruh dalam berbagai teknik menyimpan dokumen microsoft word yang telah kita buat.

Mulai dari teknik yang biasa kita lakukan ketika menyimpan dokumen dari ms. word sampai memberikan sentuhan-sentuhan yang bisa kita berikan ketika menyimpan dokumen.

Adapun cara menyimpan file dari word yang biasa kita lakukan selama ini adalah dengan cara menekan CTRL + S pada keybord lalu memilih folder yang kita inginkan serta memberi nama file dokumen dan menekan tombol save. Itu adalah cara yang mudah dan umum yang sering kita lakukan hingga sampai saat ini.

Ada sedikit tips untuk anda; Usahakan ketika selesai menyimpan file dokumen dan masih melakukan editing maka hendaknya anda selalu mengakhiri dengan menekan CTLR + S ketika selesai mengetik. Baik itu sedikit paragraf atau dengan banyak paragraf. Hal ini penting karena untuk menjaga-jaga kalau leptop atau komputer mati secara tiba-tiba.

Cobalah anda membayangkan dalam suatu peristiwa yang tidak terduga pada saat itu anda ditempat anda hujan lebat. Sedang anda masih berkutat dengan komputer yang sedang menyala di ruangan kerja anda. Tiba-tiba listrik pada padahal anda belum menyimpan dokumen yang anda edit tadi. Pasti tahu apa yang saya maksud dari kejadian itu.

Beberapa saat yang lalu saya juga bernah menulis cara menyimpan otomatis dokumen ms word 2013 atau sering disebut autosave ketika mengedit file di ms. word 2013. Dengan cara tersebut anda bisa meng-set detik tertentu supaya secara otomatis program microsoft menyimpan dokument anda.

Menyimpan dokumen Microsoft Word 2013 Ketika Terburu

  • Menyimpan Dokumen Ketika Terburuburu. Seperti apakah itu? Seperti ketika kita sedang mendapat tugas yang lebih penting dari pada mengedit file ms. word 2013. Seperti juga disaat lepi kita sedang dalam keadaan batai mau habis dan tidak bawa carge laptop. Dari keadaan ini kita bisa menggunakan jalan pintas yaitu dengan menekan tombol F12 pada keyboard dan menekan enter beberapa kali pada keyboard.

Menyimpan dokumen Microsoft Word 2013 dengan cara menekan tombol CTRL + S

  1. Tekan Tombol CTRL + S.
  2. Pilih Recent Folder yang diinginkan atau menekan icon browse
  3. Isi form file name untuk memberi nama file dari dokumen yang anda simpan.
  4. Pilih Save As Type untuk memberi format files dengan ekstensi apa anda menyimpannya.
  5. Klik Save.

Menyimpan dokumen Microsoft Word 2013 dengan cara menekan icon save.

  • Cara yang lain ketika menyimpan dengan menekan icon save. Tutorial ini seperti cara ketika kita menyimpan memakai CTRL + S . Yaitu menggantikan poin nomor 1 pada cara Menakan tombol CTRL + S untuk menyimpan dokumen microsoft word 2013.

Menyimpan dokumen Microsoft Word 2013 Melalui Menu File

Cara yang tidak jauh berbeda adalah dengan mengklik menu file pada microsoft word 2013 akan tetapi ada sedikit perbedaan pada poin 1 ketika menyimpan dokumen menggunakan CTRL + S. Perbedaannya adalah sebagai berikut;

  • Klik Menu File yang ada di pojok kiri atas ms word 2013.
  • Klik Save atau Save As.
  • Laksanakan cara 2-5 pada cara menyimpan memakai tombol CTRL + S.

Menyimpan dokumen Microsoft Word 2013 dengan cara menekan Keybord F12.

  • Ini adalah cara tercerpat dimana anda cukup menekan tombol F12 pada Keyboard lalu lakukan langkah 3-5 pada menyimpan menggunakan CTRL + S.

Adapun cara-cara khusus seperti menyimpan file dokumen menggunakan Password, Menyimpan dokumen dengan menambahkan nama penulis, Menyimpan dokumen dengan cara menambahkan kategori dokumen, dan menyimpan dokumen dengan tool yang telah disediakan pada ms. word 2013.

Akan kita bahas pada halaman yang lain dari Tahap Belajar Komputer. Mengingat pembahasan pada halaman ini sudah terlalu panjang.

Ingin Usaha / Bisnismu rilis di Portal Berita Nasional Indonesia ? Yuk Kunjungi Jasa Press Release.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA