by

Tips Cuci Sofa Secara Sederhana dengan Baik dan Benar

KOPI, Jakarta – Menjaga kebersihan sofa merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan. Salah satu caranya adalah mencuci sofa tersebut. Sofa yang bernoda, bau dan banyak sisa-sisa makanan yang tidak bisa dihilangkan hanya dengan sikat, membuat ketidaknyamanan Anda dan keluarga, bahkan tamu Anda yang berkunjung.

Banyak yang menyebabkan sofa menjadi bernoda, misalkan kena tumpahan minuman atau makanan, bisa juga hewan peliharaan Anda yang senang tidur disofa. Ada juga jamur yang menempel didinding karena lembab, jika sofa di letakkan menempel ke tembok. Jika itu dibiarkan akan ada penyakit yang membayangi Anda dan keluarga.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan sofa adalah tugas Anda sebagai pemilik sofa. Banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk mencuci sofa. Mulai dari cara yang sederhana hingga menggunakan alat yang modern.

Berikut Cara Cuci Sofa secara sederhana dengan baik dan benar :

  1. Mencuci dengan air dan deterjen

Noda minuman, makanan atau jamur bisa dibersihkan dengan air dan deterjen. Caranya campurkan air dan deterjen lalu sikat di tempat noda tersebut sampai bersih. Setelah itu dijemur sampai kering.

Kondisi ini khusus noda dari minuman, makanan atau jamur, jika noda seperti tinta atau pewarna akan sangat sulit dibersihkan. Membutuhkan cairan kimia keras untuk membersihkannya.

  • Mencuci dengan air dan cuka

Kadang noda dari minuman dan makanan ada yang membandel, tidak cukup hanya dengan air dan deterjen. Cuka memiliki kadar asam yang bisa menetralisir noda dan bau. Banyak sudah prakter yang diperlihatkan dalam memberihkan noda dengan memakai air dan cuka. Caranya dengan mencampurkan air dan cuka lalu digosokkan ke permukaan soda yang terkena noda sampai benar-benar bersih. Noda seperti tinta, pewarna, kopi dll bisa dibersihkan menggunakan air dan cuka.

  • Mencuci dengan air dan baking soda

Jika menggunakan air dan cuka tidak bisa menghilangkan noda membandel, Anda bisa menggunakan bahan yang agak keras seperti banking soda. Konon kabarnya baking soda bisa melarutkan noda yang sangat membandel. Caranya adalah campurkan air dengan baking soda, setelah itu basahi dengan semprotan dibagian noda saja (jangan disiram agar tidak terlalu basah), tunggu sekitar 15 menit lalu sikat dengan air yang telah dicampur deterjen. Setelah itu lihat hasilnya. Banyak yang sudah mencoba metode ini dan banyak juga yang berhasil.

  • Membersihkan bulu hewan dengan sikat

Hewan peliharaan sering tidur disofa Anda, kemungkinan kenyamanan sofa Anda membuat hewan peliharan betah tidur disofa. Hal yang utama yang membuat sofa tidak nyaman adalah bulu dari hewan seperti anjing atau kucing, karena hewan tersebut banyak dipeliharan manusia. Ada sikat khusus untuk membersihkan bulu hewan dan sudah dijual secara online. Dengan sikat ini anda bisa membersihkan bulu hewan yang ada di sofa Anda.

Kenapa menggunakan  sikat dan tidak menggunakan air? bulu yang ada di sofa jika terkena air akan susah dibersihkan karena akan menempel dengan kain sofa. Oleh karena itu, usahakan sofa Anda kering agar mudah untuk membersihkan bulu hewan.

  • Mencuci dengan Vacuum Cleaner

Cara yang terakhir adalah menggunakan alat modern yaitu vacuum atau penyedot. Alat ini  bisa menyedot apapun yang ada disofa, mulai dari remahan makanan, bulu hewan dan juga debu. Mencuci sofa dengan vacuum saja tidak cukup, setelah di vacuum Anda harus membersihkannya dengan air yang dicampur deterjen agar kebersihannya maksimal. Lalu keringkan sofa agar tidak tumbuh jamur, Anda bisa menggunakan vacuum Kembali agar cepat kering.

Dari cara sederhana diatas Anda bisa lakukan sendiri dan bahan yang diperlukan mudah untuk didapat. Biaya seperti air, deterjen, cuka dan baking soda sangatlah murah, sedangkan vacuum kita memerlukan biaya yang cukup mahal untuk membeli alat tersebut.

Jika Anda merasa tidak mengerti cara diatas, terus tidak ada waktu untuk mengerjakannya, apalagi sofa terlalu banyak, bisa ribet atau susah dan lama saat di praktekkan. Anda bisa mencari jasa cuci sofa yang professional di daerah Anda.

Demikian tips mencuci sofa dengan cara sederhana, semoga membantu.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA