by

Tanggap Banjir, Pemda Karawang dan Satgas Citarum Harum Lakukan Pengerukan Sedimentasi Kali Kalapa

KOPI, Karawang – Pemerintah Daerah Karawang bersinergi dengan Satgas Citarum Harum Sektor 19 melaksanakan rapat koordinasi pengendalian banjir Kali Kalapa, Jumat (16/4/21) pagi, bertempat di Kantor Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang. Rapat membahas penanganan banjir yang terjadi di Desa Wadas akibat luapan Kali Kalapa.

Rapat tersebut dihadiri Dansektor 19, Kolonel Chb Widodo; didampingi Danki Sektor 19, Serma Suprianto; Wakil Bupati Karawang, H. Aep Saepulloh, S.E; Kepala Dinas PUPR Karawang, Dedi Ahdiat; Kepala DLHK Karawang, Wawan Setiawan; Kepala Satpol-PP Karawang, Asep Wahyu; dan sejumlah perwakilan beberapa perusahaan swasta.

Dalam sambutannya, Wabup Karawang, Aep Saepulloh menekankan agar segera mulai untuk aksi penanganan banjir Kali Kalapa. “Mengingat, dalam beberapa hari terakhir, warga Desa Wadas terdampak banjir, jika turun hujan lebih dari 2 jam,” ujar Aep.

Lanjutnya, rencana aksi pengendalian banjir yang akan dilaksanakan diantaranya melakukan sodetan dengan menurunkan alat berat, lalu penertiban bangunan liar yang berdiri di sekitar Kali Kalapa. “Ini rapat yang ke lima, kita harap ada kesepakatan dan bisa langsung bertindak. Karena kasian rakyat,” ujar Wabup.

Sementara itu, Dansektor 19, Kolonel Chb Widodo menegaskan banjir yang terjadi karena luapan Kali Kalapa. “Saat ini kita butuh aksi, jangan saling menyalahkan, karena semua harus menjadi tanggungjawab bersama demi kebaikan warga. Apalagi banjir terjadi menjelang buka puasa, dikarenakan hujan turun di sore hari,” papar Widodo.

Sedangkan Kades Wadas, Junaedi mengatakan pihaknya hanya ingin warga tidak merasa ketakutan dan khawatir jika hujan turun. “Karena hujan turun sedikit saja sudah banjir. Ia menginginkan rasa tanggungjawab dan kepedulian pihak perusahaan dan Pemda untuk menanggulangi banjir,” harapnya.

Usai rapat, rombongan langsung menuju lokasi pengerukan sedimentasi Kali Kalapa, yang berlokasi di depan Perumahan Harmoni Mas. Dalam proyek pengerukan tersebut, Pemda Karawang melalui Dinas PUPR menurunkan 1 unit alat berat. (Dede N-KOPI)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA