by

Penyebab Website Melambat yang Perlu Anda Ketahui

KOPI, Jakarta – Website yang melambat tentu saja tidak disukai oleh beberapa orang. Pengalaman pemakai yang jelek memungkinkan terjadi pada website yang loadingnya lamban. Pemakai atau konsumen setia website Anda tidak senang menanti.

Mereka perlu akses yang cepat karena tiap orang punyai aktivitasnya semasing. Bila mereka masuk di website lalu mendapati website Anda lamban, mereka akan keluar langsung dan mengakibatkan bounce rate website Anda tinggi.

Hal tersebut benar-benar fatal untuk rangking websitemu.
Lantas apa saja pemicu yang jadikan website itu jadi lamban? Sebagai berita teknologi terbaru, mari kita baca penjelasan lengkapnya berikut ini.

Salah Pilih Server Web Hosting

Ulasan mengenai kecepatan website tidak bisa dipisah dengan server situs hosting. Masalahnya server adalah aspek terpenting pemasti cepat atau lambannya website. Jika tipe server yang dipakai website Anda mempunyai perform yang jelek, kecepatan loadingnya juga tidak maksimal.

Lantas, tipe server apa yang seharusnya Anda pakai? Sekarang ini, Apache dan NGINX sebagai dua tipe server situs hosting yang biasanya dijajakan. Tetapi, perlu Anda kenali jika reputasi ke-2 nya mulai kalah dari server LiteSpeed.

Pengubahan ini disebabkan karena kecepatan server yang dijajakan LiteSpeed. Sebuah penelitian memperlihatkan jika Litespeed server 84 kali bisa lebih cepat dari Apache dan 12 kali bisa lebih cepat dari NGINX.

Baca Juga : https://www.provenexpert.com/travelnews2/

Menggunakan Tema yang Terlalu Berat

Beberapa orang yang ingin situsnya kelihatan eksklusif. Tujuannya, website dengan bermacam komponen visual yang dipandang menarik, terhitung header memiliki ukuran besar, slider, dan widget.

Tetapi, Anda perlu menghindar topik yang tawarkan beberapa hal itu untuk website usaha. Makin kompleks halaman website Anda, makin lama juga loadingnya. Apa lagi bila pengunjung mengaksesnya dari browser ponsel dan jaringannya tidak demikian bagus.

Menginstall Terlalu Banyak Plugin

Plugin mempermudah Anda untuk menambah feature di website. Dari yang simpel seperti tombol sharing ke sosial media, sampai yang kompleks seperti page builder dan checkout pembelian.

Nah, sesimpel apa saja, plugin mengonsumsi bandwidth server. Ditambahkan lagi bila plugin yang Anda pakai tidak up-date atau cocok dengan versus CMS.

Hal itu akan makin perlambat perform website. Karena argumen itulah Anda harus meng-install plugin yang selalu up-date. Selain itu, pertimbangkan plugin apa yang benar-benar dibutuhkan. Janganlah sampai ada kebanyakan plugin di website Anda.

Baca : Aplikasi Pesan Makanan Terlengkap

Memasang Terlalu Banyak Iklan

Iklan merupakan salah satunya pendapatan tambahan beberapa pemilik website. Tetapi, seharusnya Anda tidak menempatkan kebanyakan iklan di website. Selain karena cukup banyak orang yang terasa terusik dengan iklan di website, jumlah spanduk marketing yang kebanyakan pasti perlambat loading.

Masalahnya tiap iklan yang diperlihatkan di website membutuhkan HTTP request. Bila ada kebanyakan proses request yang terjadi saat pengunjung terhubung sebuah halaman, server akan kerepotan.

Ukuran Database Terlalu Besar

Data pada database tentunya menimbun dengan mengembangnya website Anda. Sayang, tiap entry database mempunyai ukuran. Dalam kata lain, database website lama-lama bisa menjadi besar sekali.

Karena itu, Anda harus rajin memeriksa daftar posting yang telah masuk trash atau plugin yang telah tidak diaktifkan. Bila ada, hapus posting atau plugin secepat-cepatnya untuk kurangi ukuran database.

Simak Juga : https://social.technet.microsoft.com/Profile/OmRoy

Sesudah ketahui penyebab-penyebab website melambat di atas, langkap setelah itu bersihkan apa sebagai pemicu website Anda lamban. Mudah-mudahan artikel singkat ini dapat menolong rekan-rekan sekaligus. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA