by

Manfaat Daun Ubi untuk Kesehatan Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

KOPI, Manfaat Daun Ubi – Ubi jalar alias sweet potato ialah sumber gizi yang mengenyangkan sekalian sehatkan. Umbi manis ini diantaranya memiliki kandungan karbohidrat, serat, protein, gula, dan vitamin A dan C. Tetapi, berbicara masalah gizi, tidak hanya umbinya saja yang kaya nutrisi. Daun ubi ternyata tidak kalah faedahnya untuk kesehatan, terhitung untuk ibu hamil.

Apa sih manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan ibu hamil? Nah, pada artikel kesempatan ini kami akan mengulas mengenai manfaat daun ubi untuk kesehatan ibu hamil yang berhasil kami kutip dari blog doc24hour.net. Berikut pembahasan secara lengkap.

Nutrisi dalam Daun Ubi

Saat sebelum mengulas faedah daun ubi, tidak ada kelirunya kita ketahui kandungan nutrisinya. Kandungan gizi yang paling mencolok dari daun ubi ialah serat yang tinggi. Selain serat, gizi dalam daun ubi diantaranya vitamin K, vitamin A, vitamin B2, magnesium, vitamin B6, zat besi, vitamin C, asam folat, dan anti-oksidan. Kecuali gizi yang terdapat di dalam daun ubi yang lain diantaranya:

  • Kalsium: 117 mg
  • Zat Besi: 1,8 mg
  • Karoten: 3,5 mg
  • Vitamin E: 1,6 mg

Manfaat Daun Ubi untuk Ibu Hamil

Dengan gizi itu, konsumsi daun ubi jalar untuk ibu hamil bisa berguna untuk:

Untuk Meningkatkan Kepadatan Tulang

Daun ubi menolong tingkatkan kepadatan tulang pada ibu hamil karena kandungan vitamin K-nya. Kecuali vitamin K, mineral kalsium dalam ubi jalar bagus untuk jaga kepadatan tulang ibu.

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut dan Kesehatan Kulit

Daun ubi punyai kandungan vitamin A, C, dan K. Semua itu dapat menolong mempertahankan kesehatan rongga mulut, baik gigi dan gusi, hingga terbebas dari permasalahan sariawan atau gusi berdarah. Vitamin A alami dari sumber makanan, diantaranya daun ubi, dapat menolong mempertahankan kesehatan kulit dan rambut ibu.

Untuk Melancarkan Pencernaan dan Sembelit

Seperti telah disentil di atas, daun ubi ialah sumber serat yang bagus. Tidaklah aneh, ibu hamil yang teratur konsumsi daun ini dapat terbebas dari bermacam permasalahan pencernaan. Untuk sumber serat, daun ubi dapat menolong memenuhi serat dan menolong ibu menangani sembelit saat kehamilan.

Untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Daun ubi bisa juga menolong mempertahankan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan anti-oksidan dan vitamin K dalam daun ubi bisa kurangi reaksi infeksi di pembuluh darah, yang dapat memacu kalsifikasi atau perkerasan pada dinding pembuluh darah.

Mampu Menjaga Imunitas Tubuh

Vitamin C bagus untuk jaga dan tingkatkan ketahanan badan. Itu penyebabnya, konsumsi daun ubi yang tinggi vitamin C dapat sekalian jaga kekebalan badan bumil. Saat ibu tidak gampang jatuh sakit, perubahan dan perkembangan janin bisa juga lebih maksimal.

Baik untuk Mencegah Hipertensi

Penekanan darah tinggi memungkinkan dirasakan ibu hamil. Keadaan ini kerap dihubungkan dengan permasalahan preeklampsia. Nach, kandungan polifenol, vitamin, dan antosianin dalam daun ubi dapat menahan ini terjadi.

Baca : Manfaat Kacang Merah Untuk Bayi

Mampu Menghindari Risiko Lahir dengan Berat Badan

Kandungan zat besi yang lumayan tinggi pada daun ubi benar-benar menolong ibu hamil. Zat itu bisa menghindari bayi dari resiko lahir dengan berat tubuh rendah. Riset di Harvard mengatakan, bumil yang konsumsi sayur dengan 10 mg zat besi setiap hari, bisa tingkatkan berat tubuh bayi sampai 15 gr.

Untuk Mencegah Kenaikan Berat Badan Drastis

Kandungan serat tinggi pada daun ubi tidak boleh disangka hanya baik untuk pencernaan. Rupanya serat itu bisa juga mengatur peningkatan berat tubuh pada ibu hamil. Kita ketahui bumil gampang sekali lapar.

Tetapi, makan asal-asalan akan membuat berat tubuh naik tidak termonitor. Nah, kandungan serat pada daun ubi dapat menolong bumil kenyang semakin lama. Dengan demikian, kemauan untuk selalu makan dapat dikurangkan.

Setelah ketahui manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan ibu hamil, saat ini Anda ketarik mengkonsumsinya? Bisa saja, ada beberapa langkah kok memproses sayur hijau yang ini. Anda dapat menjadikan sayur bening, kombinasi dalam sayur pecel, atau salad. keanekaragaman sesuai dengan selera Anda. Mudah-mudahan artikel kesempatan ini berguna dan terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA