by

Kenali Jenis Beton Terbaik Untuk Konstruksi Bangunan Modern Saat Ini

-Berita-295 views

Beton dengan sifatnya yang bertahan lama dan kuat kerap dipakai dalam konstruksi jalan dan gedung. Karakter lain dari beton adalah mempunyai kuat tekan yang bagus dan fleksibel hingga bisa diciptakan jadi bermacam-macam sama sesuai keperluan. Beton ada dalam beragam pilihan tipe dengan keunggulan dan karakter nya masing-masing. Berikut beberapa macam beton dan manfaatnya untuk konstruksi.

Baca Juga : https://www.provenexpert.com/anomsuroto/

Topmix permeabel

Topmix permeabel disebut beton penyerap air. Beton ini sebagai salah satu Tipe Beton terbaik, yang khusus untuk menutupi permukaan dengan penyerap super yang memungkinkan air menyerap. Maksudnya tidak lain supaya air tidak menggenang di atasnya.

Dengan keunggulan itu, pada musim penghujan yang deras, premeable topmix akan menolong menunda keluarnya air permukaan ke sistem drainase hingga resiko banjir bisa dikurangkan. Beton tipe ini pas dipakai pada landasan picu lapangan terbang, trotoar dan jalan raya.

Beton Geopolimer

Beton geopolimer adalah tipe beton yang dibuat berbahan yang banyak terkandung elemen silika dan alumina. Beton tipe ini terbentuk karena sintesis bahan non organik alami lewat proses polimerisasi. Bahan pembuatan beton geopolimer ini manfaatkan bahan sampah industri seperti sisa pembakaran batu bara.

Cukup dengan memanasi 600C selama satu hari, didapat beton kualitas tinggi. Saat ini beton geopolimer telah dibuat oleh sebuah perusahaan di luar negeri berbentuk beton pracetak untuk pipa beton, bantalan rel kereta api dan selokan.

Beton Penguat

Tipe beton ini sebagai tipe beton yang dipertambah tulangan baja. Beton dengan tulangan baja didalamnya menjadikan beton berkekuatan tarik yang semakin kuat dibanding dengan beton biasa. Untuk keperluan konstruksi, beton bertulang pas untuk balok pengikat, balok plat lantai beton, pondasi dalam, kolom dan dinding geser. Apa Saja Aneka Jenis Beton Terbaik untuk Konstruksi?

Simak Juga : https://social.technet.microsoft.com/Profile/AnomSuroto

Beton Ringan

Beton ringan dibikin dengan mengganti agregat kasar dengan agregat ringan. Karenanya beton jenis ini lebih ringan dari beton secara umum. Beton ringan dipakai sebagai bahan pengisi dan sebagai batako.

Beton pracetak

Beton pracetak adalah beton yang diciptakan sama ukuran tertentu saat sebelum diangkut ke lokasi konstruksi. Pembuatan bukannya tanpa tujuan. Pembuatan dilaksanakan untuk jaga kualitas beton dan untuk mengantisipasi keadaan di lokasi konstruksi yang tidak mungkin untuk penyimpanan beton.

Beton Lekat

Mirip dengan tipe beton bertulang, tipe beton prategang mempunyai komponen baja yang tertancap dalam beton. Tujuan pengencangan baja ialah agar beton tidak retak walau di bawah beban berat. Beton pratekan dianjurkan untuk dipakai sebagai penyangga struktur bangunan yang lebar.

Beton Siap Pakai

Beton siap gunakan adalah jenis beton yang dibikin menurut kualitas tertentu. Beton tipe ini lebih dikenali oleh warga dengan sebutan beton ready mix. Sering dipakai untuk beragam keperluan konstruksi massal seperti perumahan, gedung tingkat, jalan raya dan lain-lain.

Beton Vakum

Beton vakum dibuat dengan mengisap pengencer kombinasi beton memakai vakum khusus. Karena proses ini, beton tipe ini dikenali dengan beton berlubang. Beton ini memiliki kekuatan yang tinggi sekali karena kandungan air yang tersisa hanya air yang sudah bereaksi dengan semen saja. Beton hollow dipakai untuk beberapa gedung tinggi seperti gedung pencakar langit.

Fiber Beton

Sama dengan namanya, beton fiber dibuat dengan menambahkan serat pada kombinasi beton. Serat yang dipertambah seperti plastik, asbes, kawat baja dan bahan semacam lainnya. Penambahan serat itu mempunyai tujuan untuk meningkatkan keuletan beton supaya tidak gampang retak.

Baca Juga : Harga beton cor jakarta.

Beton Cyclope

Dalam pembuatan nya beton jenis ini memakai agregat yang lumayan besar untuk bahan pengisi tambahan. Ukuran penampang agregat ialah di antara 15 cm sampai 20 cm dan ditambahkan ke kombinasi beton. Dengan agregat, kemampuan beton bertambah. Beton siklon umumnya dipakai untuk konstruksi besar seperti jembatan, bendungan dan bangunan air yang lain.

Itu beberapa Jenis Beton terbaik untuk konstruksi yang dapat didapat di pasar. Tentu saja Anda harus pilih jenis beton yang sesuai keperluan Anda supaya tiap jenis beton dengan keunggulan dan karakternya bisa mendapat manfaat yang maksimal.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA