by

Kementerian Perhubungan Gelar Padat Karya di Pelabuhan Pangandaran

KOPI, Pangandaran– Salah satu upaya dalam memulihkan perekonomian daerah maupun nasional, Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan kepada seluruh Kementerian atau Lembaga Pemerintah untuk terus melaksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan padat karya termasuk kepada Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berkomitmen dalam mendukung pemulihan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat melalui pelaksanaan Program Padat Karya.

Melalui program padat karya diharapkan dapat memberikan perluasan kesempatan kerja dan serta menjaga daya beli masyarakat lapis bawah di tengah pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Pangandaran Nana Rodiana saat membacakan sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Laut pada acara Padat Karya di Pelabuhan Pangandaran, Senin (26/4/2021).

Nana mengatakan dalam pelaksanaan padat karya ini melibatkan 60 orang masyarakat di sekitar Pelabuhan Pangandaran dengan pekerjaan pengecatan Pelabuhan Pangandaran sepanjang 1.000 meter.

“Melalui kegiatan padat karya ini, juga diharapkan dapat membantu menekan jumlah pengangguran, mewujudkan peningkatan akses masyarakat lapis bawah kepada pelayanan dasar, serta penciptaan lapangan kerja, sehingga manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan secara langsung bagi masyarakat terutama warga sekitar Pelabuhan Pengandaran dan sekitarnya,” tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan program padat karya di lingkungan Kementerian Perhubungan termasuk Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Juga tertuang dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang menginstruksikan kepada Unit Penyelenggara Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar melaksanakan kegiatan padat karya pada unit kerja masing-masing. 

Nana juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi saudara muslim yang menjalankan.

“Walaupun pelaksanaan padat karya ini dilakukan pada bulan Ramadan, saya berharap para peserta tetap semangat dan semoga puasanya diberikan kelancaran,” ucapnya.

Terakhir, Nana mengungkapkan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat. Untuk itu, atas nama pimpinan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, ia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terkait atas inisiatifnya dalam penyelenggaraan kegiatan padat karya pada hari ini sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA