by

Kain Kaos TC dan Penerapannya

KOPI, Jakarta – Teteron atau lebih dikenal dengan sebutan kain kaos TC merupakan jenis bahan dasar pakaian yang terbuat dari kombinasi antara 2 jenis bahan yaitu polyester dan cotton. Terkait banyak sedikitnya tergantung dari kebutuhan pasar paling mendominasi.

Apa itu Kain Kaos TC?

Kecanggihan teknologi dalam bidang tekstil menghasilkan berbagai macam produk kain yang bisa Anda ubah dengan beragam bentuk kaos. Bahan dasar dari kain tersebut yakni 35% cotton combed dan 65% polyester. Percampuran ini memberikan beberapa efek sebagai berikut:

  • Bahannya tidak mudah kusut meskipun untuk aktivitas berat dalam jangka waktu lama.
  • Tingkat elastisitasnya memang cukup tinggi namun penyusunan bahan yang tepat membuatnya tidak mudah melar.
  • Harganya cukup ekonomis yang ramah untuk kalangan kelas menengah ke bawah.

Tingkat kelembutan bahan TC hampir setingkat katun namun dengan harga yang cenderung di bawahnya. Pemrosesannya harus melewati beberapa tahapan termasuk pembubuhan bahan kimia. Oleh sebab itu jika memiliki alergi terhadap bahan khusus ada baiknya memeriksakannya dahulu.

Beberapa Penggunaan Bahan Kain Kaos TC

Perkembangan kebutuhan masyarakat terkait pakaian semakin signifikan karena pertumbuhan kelahiran lebih pesat. Agar dapat menjangkau pasar lebih luas, para produsen memberikan berbagai sentuhan baru. Berikut ulasannya:

Pembuatan Kaos Dalam

Sifat dari kaos dalam sendiri harus dapat menyerap keringat secara lebih maksimal dan nyaman meski dalam keadaan panas. Meskipun terbuat dari campuran bahan kimia namun terkait keamanannya cukup tinggi dan tidak perlu khawatir akan beracun.

Hanya saja harus dapat merawatnya dengan baik dan benar sesuai proses yang berlaku. Setidaknya ketika sudah basah karena udara terlalu panas maka segera ganti guna menghindari berkmebangbiaknya kuman serta bakteri penyebab iritasi kulit.

Pembuatan Kaos Lengan

Beberapa waktu terakhir, penggunaan kao lengan semakin menjamur. Bahkan bukan hanya untuk kegiatan nongkrong atau traveling melainkan bekerja pada industri kreatif karena lebih mengutamakan tingkat fleksibilitas dan kenyamanan. Salah satu bahan yakni TC / teteron.

Harga yang relatif terjangkau menjadi alasan paling kuat mengapa masyarakat banyak memilihnya. Bukan hanya itu tingkat kenyamanan ketika menyentuh kulit juga menjadi nilai plus. Umumnya penerapannya untuk pembuatan kaos polos berbagai macam warna serta model.

Kaos Polos

Ada banyak orang yang berminat menggunakan kaos polos TC karena praktis dan lebih fleksibel untuk menghadiri berbagai acara baik resmi maupun non resmi. Saat akan mengaplikasikannya menggunakan jas, Anda tidak perlu khawatir karena efeknya dingin ketika menyentuh kulit.

Sebaiknya pilih yang berlengan pendek apabila ingin memadukannya dengan jaket maupun jas. Kainnya yang bersifat elastis akan membantu gerak dalam berkegiatan sehingga tidak mengganggu. Beberapa waktu terakhir fashion seperti ini menjadi trend di kalangan anak muda.

Cara Menentukan Bagus atau Tidaknya Kualitas Bahan TC

Bahan TC banyak tersebar di masyarakat luas dan mudah Anda temukan di toko kain kaos terdekat. Ketika mencari material untuk kaos tentu tidak boleh sembarangan guna menghindari adanya kesalahan. Berikut rinciannya:

Bahan kain tersedia sangat beragam termasuk yang berbulu. Jenis ini akan membuat kulit sensitif menjadi gatal dan teriritasi, akibatnya jika Anda biarkan dapat menuju tingkat lanjut. Sedangkan jenis TC pada permukaannya lebih lembut dan cukup dingin ketika mengenai kulit.

Sebelum melakukan pembelian, pastikan untuk mengecek komposisi kain agar sesuai kebutuhan modalnya untuk olahraga dan kegiatan fisik luar ruangan. Berada di negara dengan iklim tropis mengharuskan masyarakat memilih jenis yang menyerap air lebih baik.

  • Hindari Jika Terdapat Bintik Putih

Butiran putih pada kain dapat muncul akibat proses saat penyisiran kain yang kurang baik atau malah tidak melewatinya tahapan ini. Penyebab umumnya dari biji kapas maupun kapasnya yang tertinggal. Akibatnya mengurangi nilai estetikanya serta harga jualnya di pasaran.

Selain dari kotoran juga tidak menutup kemungkinan muncul akibat adanya jamur. Ketika memilih kain hal ini penting Anda perhatikan agar tidak menimbulkan masalah seperti iritasi dan gatal. Lakukan pengecekan secara lebih mendetail kemudian sebelum digunakan jangan lupa mencucinya.

  • Lihat Komposisi Kain

Melihat peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap kain untuk menjadi benda pakai melatarbelakangi perkembangan alat penenunan serat. Terdapat beberapa jenis material dasar baik dari jenis alami maupun buatan seperti halnya penyusun TC,

Bahan cotton seringkali menjadi rujukan karena selainalami juga dingin saat menyentuh kulit, namun harganya yang mahal membuat masyarakat berpikir dua kali sebelum membelinya. Hadirnya TC dapat menjadi solusi karena terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah.

  • Keserasian dengan Kulit

Ada beberapa masyarakat yang memiliki kulit sensitif sehingga tidak dapat memilih secara sembarangan bahan kain karena bisa mengakibatkan beberapa dampak. Jika sampai terjadi maka segera lakukan penanganan dan hentikan penggunaannya.

Bahan dari TC sendiri campuran dari bahan kimia, apabila termasuk memiliki kulit sensitif sebaiknya periksakan terlebih dahulu. Ada berbagai pendukung utama mengapa banyak peminat produk kain satu ini. berikut ulasannya:

  • Tidak mudah melar meskipun sudah Anda gunakan dalam jangka waktu lama.
  • Harga yang ramah di kantong.
  • Tersedia berbagai macam,warna dan model.
  • nyaman untuk jenis kaos polos atau kaos dalam.

Demikian penjelasan mengenai kain kaos TC yang perlu Anda ketahui untuk menjadi referensi untuk mempermudah proses nantinya. hal paling utama adalah pastikan tidak ada reaksi penolakan dari kulit terutama untuk anak-anak mulai dari ruam serta  berkeringat berlebihan.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA