by

Kadis Pangan Daerah Prov Sulut Nilai P2L di Kota Bitung Selangkah Lebih Maju

KOPI, Bitung – Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara benar benar mengenjot program P2L (Pekarangan Pangan Lestari –red) monitoring bahkan inspeksi mendadak dilaksnakan oleh jajaran Dinas Pangan Daerah.
Kamis 22 April 202, Kepala Dinas (Kadis –red) Pangan Daerah Provinsi Sulut, Ir. Sandra Moniaga, M.Si secara mendadak mengunjung kelompok P2L di Kota Bitung.

Kedatangan birokrat energik ini disambut langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung Sonny Wenas, S.Sos, M.AP.
Dalam kunjungannya ke kelompok P2L Mapalus, Kadis Pangan Daerah ini dibuat terkesima dengan penjelasan ketua kelompok Mapalus Andre Tambayong mengenai budidaya tanaman di P2L Mapalus yang tidak menggunakan Pupuk dan Pestisida yang mengandung bahan kimia.

Dalam arahannya Ir. Sandra Moniaga, M.Si menilai bahwa apa yang dilakukan oleh kelompok P2L Mapalus merupakan inovasi P2L yang ramah lingkungan. Secara pribadi Sandra mengatakan bahwa dirinya mempraktekkan budidaya yang ramah lingkungan seperti ini.

“Bitung selangkah lebih maju dalam P2L karena mampu berinovasi dengan budidaya ramah lingkungan,” ujar pejabat handal di Pemprov Sulut ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung, Sonny Wenas, S.Sos, M.AP, ketika diminta tanggapan mengenai kelompok P2L ini mengatakan bahwa Mapalus ini dipersiapkan sebagai Pilot Project. “Kelompok Mapalus ini memang dipersiapkan sebagai Pilot Project pengembangan Pertanian Organik di Kota Bitung, kami backup full inovasi ini,” jelas Sonny.

Salah satu Tim Teknis P2L Kota Bitung, Marlein Tulandi, SP menguraikan bahwa lokasi demplot dari kelompok Mapalus ini dulunya adalah area pembuangan sampah masyarakat. “Tempat ini sudah dibersihkan dan kedepan tidak lagi ada sampah disini, tetapi full dengan tanaman sayuran,” kata Marlein dengan semangat.

Pertanian dengan konsep ramah lingkungan memang butuh kesabaran dan keuletan, serta dukungan banyak pihak. Harusnya ini menjadi prioritas pemerintah, demi generasi bangsa yang sehat dan cerdas. (Bung Neo)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA