by

Cara Merawat Furniture Kayu Agar Tetap Tahan Lama dan Berkilau

KOPI, Cara Merawat Furniture Kayu – Furniture kayu di dalam rumah memang populer dapat membuat penampilan rumah jadi lebih alami. Ini disebabkan karena warna kecoklat-coklatan yang membuat orang selalu terpikir alam saat didekatnya.

Disamping itu, argumen banyak orang pilih furniture dari kayu karena karakternya yang bertahan lama. Tetapi, untuk pastikan supaya furniture bertahan lama diperlukan beberapa cara yang tidak gampang.

Janganlah sampai keinginan bersihkan furniture justru usai dengan kerusakan tidak disengaja yang dapat dijauhi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu ketahui beberapa kiat menjaganya supaya terbebas dari beberapa hal yang tidak diharapkan.

Di bawah ialah beberapa cara merawat furniture kayu yang dapat dicoba di rumah.

Letakan Furniture di Tempat Bersuhu Normal

Kayu dapat kering dan menyujsut bila terus tepapar oleh temperatur yang panas. Ini akan mengakibatkan retakan pada susunan kayu. Karena itu, jauhi furniture kamu dari matahari langsung atau perlengkapan yang dapat pancarkan panas.

Disamping itu, jauhi dari udara lembap sebab bisa mengakibatkan furniture terserang oleh jamur dan serangga yang tentu saja dapat menghancurkan kayu.

Gunakan Alas

Umumnya furniture Jepara mempunyai beban yang berat karena berbahan dibuat dari kayu yang keras. Untuk mendesak berat, kamu dapat memakai kain kesat pada tiap kaki furniture supaya tiap perubahan tidak memunculkan bekas pada lantai.

Ini benar-benar dianjurkan bila rumah kamu memakai lantai kayu yang rawan pada guratan.

Jauhkan dari Cat atau Cairan

Kamu tentu kenal dengan bintik lingkaran di permukaan meja kayu bila kamu kerap simpan gelas di atasnya. Rupanya, bintik ini menjadi tetap dan menghancurkan struktur kayu bila didiamkan.

Bila ini terjadi, kamu dapat menyekakan kombinasi minyak goreng dan abu atau pasta gigi dan soda dengan kain halus. Bila nodanya kecil, kamu dapat menyekanya dengan jemari.

Disamping itu, kamu bisa juga coba menggunakan biji kesini. Bakar biji kesini sampai minyaknya keluar, leburkan dengan benda pijakl, dan gosokkan serpihan kemiri pada bintik.

Bersihkan Secara Berkala

Furniture kayu harus dibikin bersih dengan lap dan kemoceng dengan teratur supaya terbebas dari kotoran dan debu. Untuk beberapa sudut yang susah dijangkau, kamu dapat memakai kuas memiliki ukuran kecil.

Disamping itu, kamu dapat memakai caira khusus pencuci furniture dari kayu dengan menyemprotkan sekedarnya saja. Yakinkan permukaan dibikin bersih sampai kering. Jauhi pemakaian pencuci yang mengandung solvent seperti metanol, toluene, dan aseton yang dapat menghancurkan hebat coating pada furniture.

Alihkan dengan Berhati-hati

Kadang, kita kerap mengalihkan furniture karena jemu dengan penampilan ruang. Rupanya sering mengalihkan furniture dapat menghancurkan kayu.

Untuk furniture yang besar, sebaiknya bila kamu tidak mengalihkannya seorang diri. Dengan kontribusi beberapa orang, furniture yang dipindah makin lebih imbang dan lantai akan terlepas dari guratan.

Gunakan Obat Anti Rayap dan Anti Jamur

Furniture dari kayu memang rawan sekali diserang jamur dan serangga seperti rayap. Bila kamu diserang hal itu, cukup membersihkan dengan obat anti jamur atau anti rayap yang ramah lingkungan. Gampang bukan.

Gunakan Sisa Teh untuk Membersihkan Furniture Kayu

Selain dicap sebagai salah satunya minuman favorite orang Indonesia, rupanya teh dapat dipakai untuk bersihkan furniture dari kayu. Berikut beberapa kiat supaya warna furniture lebih bercahaya:

  • Celupkan kain halus ke teh hitam yang telah diseduh;
  • Gosokkan kain celupan pada furniture yang akan dibersihkan; dan
  • Diamkan sampai jadi kering.

Itulah tadi beberapa cara merawat furniture kayu yang bisa kalian lakukan. Mudah-mudahan apa yang kami berikan saat ini berguna ya9. Simak juga tips menarik sekitar furniture untuk rumah dan yang lain cuman di Website asiafurniture.id.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA