by

Cara Mendidik Anak Remaja yang Perlu Kamu Ketahui

KOPI, Jakarta – Masa remaja merupakan peralihan usia, dimana di usia seperti ini juga merupakan penuh tantangan. Sebagai orang tua harus pintar dalam mendidik anak agar mereka tidak salah langkah. Untuk itu penting banget buat orang tua untuk mengetahui cara mendidik anak remaja dengan benar.

Di usia masa perkembangannya seperti ini, tentu anak tidak bisa di samaratakan karena anak remaja cenderung memiliki emosi serta kognitif yang berbeda. Berdasarkan yang kami kutip dari Kids Healt, Dimanasa perkembangan remaja menjadi lebih menantang bagi keluarga, karena ada kemungkinan terjadinya perselisihan.

Dan tak jarang juga terjadi perbedaan pendapat yang membuat hubungan orang tua dan si anak menjadi berubah di fase seperti ini. Agar perselisihan ini tidak kerap terjadi, adapun cara mendidik anak di usia remaja yang bisa kamu terapkan dalam keluarga. Simak tipsnya dibawah ini:

Selalu Menjadi Pendengar yang Baik untuk Anak

Di saat berusia remaja, anak tentu sudah megenal dunia luar, berbagai masalah bisa jadi akan mereka temui, salah satu contohnya masalah pubertas, pergaulan, dan hal lainnya.

Disinilah peran kamu sebagai orang tua untuk menjadi pendengar yang baik. Mungkin saja ada banyak yang mereka sampaikan, enatah itu bertanya, menyampaikan kegelisahan mereka, atau hal lainnya yang ingin di dingarkan.

Menghargai Privasi Anak

Cara mendidik anak remaja selanjutnya yang perlu kamu terapkan adalah menghargai apa yang menjadi privasi mereka. Namun, terkadang orang tua menganggap bahwa apa yang menjadi urusan anak itu juga urausan mereka, hal inilah yang inilah yang terkadang membuat orang tua melakukan kesalahan saat mendidik anak.

Setiap anak juga memiliki privasi, mungkin saja itu Handphone, kamar, yang tidak ingin di campuri urusannya. Sebagai salah satu cara mendidik anak remaja, baiknya kamu meminta izin terlebih dahulu pada anak kamu jika ingin mencampuri apa yang anak kamu anggap sebagai privasi.

Membuat Aturan Penting dalam Keluarga

Saat anak mneginjak usia remaja, mereka terkadang lebih sering menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Untuk itu penting banget membuat aturan penting dalam keluarga. Misalnya anak tidak boleh pulang terlalu larut malam, dengan cara ini anak akan lebih mempunyai tanggung jawab.

Memberi Contoh yang Baik

Memberi contoh yang baik bukan hanya perlu kamu terapkan dalam hal cara mendidik anak remaja, melainkan juga saat anak masih kecil bisa kamu lakukan.

Seperti yang kami kutip dalam artikel Emakbloger.com yang berjudul “Cara Mendidik Anak dan Mempersiapkan Diri Menjadi Orang Tua”. Anak akan mengikuti apa yang dilakukan orang terdekatnya, terutama kamu sebagai orang tua.

Jadi, untuk menghindari hal yang tidak kamu inginkan, berilah contoh yang baik pada anak-anakmu, entah itu anak usia balita, 6 tahun, atau anak yang sudah remaja.

Selalu Memberikan Motivasi

Memotovasi anak untuk mengeksplorasikan diri serta berkembang, juga merupakan salah satu cara mendidik anak remaja. Dan tak lupa juga selalu ajak anak untuk mencoba hal baru agar membuat pikirannya lebih terbuka. Dan tak lupa juga kamu dukung apa yang anak kamu cita-citakan.

Mengawasi Pergaulan Anak

Diusia anak yang masih remaja, mereka lebih rentan dan labil dalam pergaulan. Untuk itu, kamu perlu mengambil memberanikan diri untuk membicarakan pergaulan remaja saat ini, agar si anak tidak salah dalam memilih pergaulan. Seperti halnya merokok, narkoba, alkohol, dan hal negatif lainnya.

Cara mendidik anak remaja seperti ini bisa kamu jadikan pondasi untuk anak kamu dalam bergaul, dan memberikan informasi yang sesuai tentang apa yang harus, dan apa yang enggak.

Mengajari Anak Cara Menagemant Setres

Seperti di pembahasan sebelumnya, anak diusia remaja memiliki berbagai tantangan dan sumber yang bisa membuat mereka setres. Untuk itu wajib buat kamu mengajari anak tentang cara memanagement setres.

Untuk menghindari terjadinya depresi pada remaja, hal yang perlu Anda lakukan adalah membekalinya dengan berbagai cara mengelola stres dengan sehat. Misalnya daripada memarahi anak ketika ia sedang banyak pikiran, dekati anak dan ajak bicara baik-baik soal masalah yang merundungnya.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan singkat dari kami mengenai cara mendidik anak remaja. Namun, yang perlu kamu ketahui bahwa semua orang tua memiliki value masing-masing dalam mendidik anak, dan tidak sumua pola asuh yang diterapkan orang lain pada anak mereka bisa kamu contoh. Simplenya gini aja, ambil yang sesuai, buang yang enggak sesuai dengan value kamu.

Semoga bermanfaat ya πŸ™‚

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA