by

Cara Membersihkan Apartemen dengan Disinfektan Selama Pandemi

KOPI, Jakarta – Pandemi Covid-19 tahun 2021 di Indonesia masih belum berakhir. Ditambah lagi dengan adanya varian baru dari virus Corona yaitu B117. Dengan begitu membuat Anda untuk lebih rajin dan semangat dalam menjaga kebersihan.

Selain menerapkan 3M, mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Anda juga perlu menerapkan kebersihan apartemen.

Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa, varian virus corona B117 memiliki selubung dengan pelindung lapisan lemak. Lapisan lemak inilah yang dapat dirusak oleh bahan disinfektan yang tepat.

Dengan kata lain, saat membersihkan apartemen dengan disinfektan yang tepat dapat membantu mencegah penularan virus corona B117.

Pembersihan harus rutin dilakukan pada bagian-bagian yang sering Anda sentuh dan anggota keluarga Anda. Contoh, gagang pintu, toilet, meja, kursi, keran, area wastafel hingga kebersihan AC.

sumber : unflash

Berikut cara untuk membersihkan apartemen dengan disinfektan selama pandemi dan sudah di rekomendasi oleh WHO :

  1. Bersihkan Permukaan Perabot

Perabot yang dimaksud adalah meja, kursi, lemari, gagang pintu dan benda-benda yang ada didalam apartemen. Pastikan permukaan yang di bersihkan harus benar-benar bersih. Cara membersihkan bisa menggunakan deterjen atau sabun dan dicampur dengan air. Setelah perabot Anda sudah bersih dan kering, lalu Anda bisa semprotkan disinfektan.

  • Bersihkan Permukaan Lantai

Lantai apartemen juga dibersihkan secara keseluruhan, kadang Anda atau anggota keluarga bermain di lantai. Sapu seluruh lantai apartemen, mulai dari kamar, ruang tamu, dapur dan ruangan lainnya. Setelah itu Anda pel dengan ditambahkan cairan yang memiliki sifat disinfektan.

  • Bersihkan Karpet, Gorden, Kasur dan Sofa

Selain perabot dan lantai, assesoris apartemen seperti karpet, gorden, kasur dan sofa juga harus dibersihkan. Cuci karpet, gorden, kasur dan sofa secara rutin, gunakan deterjen untuk mencucinya.

  • Bersihkan Toilet

Toilet merupakan salah satu bagian apartemen dan dimana kuman, bakteri, virus banyak berkembang biak. Kebersihkan toilet juga merupakan tindakan pencegahan penyebaran virus, karena sering dipakai oleh banyak orang. Lakukan secara rutin kebersihan toilet dengan cairan khusus pembersih toilet. Cairan pembersih toilet sudah masuk dalam kategori cairan disinfektan.

  • Bersihkan AC

Setiap apartemen pasti memiliki AC, tidak hanya ada dikamar, kadang di ruang keluarga atau ruang kerja pasti memasang AC. Sebagian besar orang jarang membersihkan AC secara rutin. Jika AC sudah tidak dingin atau angin yang keluar tidak lancar, secara otomatis Anda baru mencucinya.

Sebenarnya itu akan membuat AC tidak awet, lakukan secara rutin untuk kebersihan AC karena jika AC sudah terlalu kotor maka angin yang dihasilkan adalah angin yang bercampur dengan bakteri, kuman dan virus yang menyebar melalui udara. Setelah Anda membesihkan AC, Anda juga harus menyemprotkan disinfektan ke saringan dan lubang udara agar lebih steril.

Kebersihan apartemen adalah awal dari pencegahan penularan virus, lakukan secara rutin dan teliti. Untuk memastikan apartemen Anda steril, bisa lakukan penyemprotan disinfektan ruangan. Setelah Anda membersihkan semua prabot, assesoris, AC dan toilet dengan deterjen dan cairan khusus pembersih. Anda bisa menyemprotan disinfektan untuk tambahannya agar apartemen Anda aman dan lebih steril dari bakteri, kuman dan virus.

Saat melakukan penyemprotan disinfektan, gunakan alat yang tepat dan menghasilan cairan disinfektan yang tidak terlalu membasahi ruangan. Jika terlalu basah, maka untuk menggunakan ruangan tersebut perlu banyak memakan waktu karena menunggu agar benar-benar kering.

Apabila tidak kering, anda bisa terkena alergi dari obat disinfektan, pastikan juga obat disinfektan yang digunakan ramah lingkungan. Anda juga bisa gunakan jasa disinfektan untuk mensterilkan ruangan atau apartemen Anda.

Karena jasa semprot disinfektan mempunyai alat yang modern agar cairan yang dihasilkan tidak terlalu basah dan yang dihasilkan adalah embun atau partikel-partikel kecil dari air, selain itu obat disinfektan yang digunakan juga ramah lingkungan.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA