by

Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk HP Android

KOPI, Kediri – Merekam layar HP android menjadi video bisa dilakukan dengan mudah. Umumnya hal ini dilakukan oleh beberapa Youtuber untuk membuat video panduan atau video saat bermain game, yang selanjutnya diunggah ke platform Youtube.

Sebenarnya ada beberapa macam HP android yang telah dilengkapi dengan fitur bawaan untuk merekam layar, tetapi hanya sebagian kecil saja. Untuk kamu yang memiliki rencana membuat video tutorial atau gameplay di HP android kamu, tapi tidak mempunyai fitur screen recorder, di kesempatan kali ini saya akan membagikan daftar aplikasi perekam layar android terbaik gratis tanpa root.

5 Aplikasi Perekam Layar Android Gratis Tanpa Root

Saat ini ada banyak sekali aplikasi screen recorder yang ada di Google Play Store, baik itu yang gratis atau berbayar, dengan root atau tanpa root. Sudah pasti mempunyai perbedaan kualitas video yang dihasilkan, dan fitur tambahan yang diberikan di dalamnya. Berikut beberapa aplikasi terbaik menurut data riset di Google Play Store.

1. Vidma Screen Recorder

Aplikasi perekam layar terbaik yang pertama adalah vidma yang membuat hasil video berkualitas HD hingga 1080p 60FPS. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa merekam aktivitas layar tanpa batas waktu secara gratis.

Selain itu, kamu juga akan menemukan berbagai fitur unggulan seperti facecam, kuas, hingga editing. Dengan berbagai fitur yang bisa kamu gunakan, aplikasi Vidma recorder ini memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu 16 MB saja.

2. Mobizen

Mobizen merupakan aplikasi perekam layar terpopuler saat ini, banyak Youtuber terkenal yang menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini menawarkan video Full HD berkualitas tinggi yang dapat diatur sesuai selera. Aplikasi ini termasuk benar-benar ringan sehingga tidak membuat HP lag dan patah-patah.

Selain itu, kita juga bisa mengedit video dan menambahkan watermark sendiri. Menariknya lagi, kita akan mendapatkan fitur tersebut secara gratis dan tanpa root terlebih dahulu.

3. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder akan memberikan rekaman layar berkualitas HD atau QHD tanpa batas waktu. Aplikasi ini gratis, bebas iklan, tanpa akses root, termasuk ringan dan mudah dioperasikan. Di sini kamu juga bisa merekam suara melalui mic dan memperlihatkan sentuhan layar. Akan tetapi, untuk fitur keren seperti FaceCam, pemotong video, menggambar di layar, hanya tersedia kalau kita memberikan donasi.

4. DU Recorder

Aplikasi rekam layar android terbaik selanjutnya yaitu DU Recorder. Aplikasi ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Kamu bebas record video berkualitas tinggi tanpa harus membayar alias gratis, dan tak perlu melakukan rooting android. DU Recorder mempunyai ukuran yang cukup kecil (kurang dari 5 Mb) sehingga sangat ringan dan tidak membuat HP ngelag atau patah-patah.

5. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder merupakan aplikasi ringan dengan tampilan UI yang sederhana. Kualitas video yang dihasilkan pun juga sudah full HD. Kita bebas lakukan kustomisasi pada settingan, seperti resolusi, bitrate dan yang lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa aplikasi screen recording terbaik yang bisa kamu coba. Dengan menggunakan aplikasi perekam layar diatas, kamu bisa merekam berbagai aktivitas pada HP secara gratis, tanpa root, dan tanpa watermark.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA