by

7 Jenis Lampu LED Mobil Berdasarkan Fungsinya

-Berita-193 views

Jenis lampu LED mobil ternyata ada berbagai macam. Pemakaian lampu LED penting untuk mobil karena lampu LED bermanfaat untuk menolong penerangan, ketika  mengemudikan mobil pada malam hari.

Mengenali Jenis Lampu LED Mobil

Saat sebelum membahas lebih dalam mengenai jenis lampu LED mobil yang ada di pasar di saat ini, sebaiknya Anda ketahui pengertiannya lebih dulu. Lampu LED (Light Emitting Diodes) adalah lampu yang bermanfaat untuk bagian-bagian dalam mobil. Seperti lampu rem, plat nomor, dan headlamp mobil.

Dikenal mempunyai ketahanan yang lebih bagus dan intensif cahaya lebih jelas dibanding tipe lampu lain membuat LED makin disukai. Disamping itu kelebihan yang lain dari lampu ini ialah tidak membutuhkan daya terlalu besar, irit energi, dan ramah lingkungan.

Ditambahkan lagi lampu LED tahan pada guncangan meskipun jalan yang dilewati cukup kasar. Kalaupun memang rusak, sangat gampang untuk menggantinya.

Karena saat ini Anda sudah tahu keterangan lampu LED mobil. Sekarang saatnya mengenali jenis lampu LED mobil yang digunakan sekarang ini.

Jenis Lampu LED Mobil

Pada dasarnya ada tujuh jenis lampu LED mobil yang ada untuk dipakai sesuai kebutuhan saat berkendaraan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga : https://www.provenexpert.com/anomsuroto/

1. LED T10

Pemakaian LED T10 sering digunakan di semua mobil. Umumnya lampu ini digunakan menjadi lampu senja, lampu sein, lampu tanda panel dasbor, dan lampu pelat nomor.

Tetapi ada perbedaan yang dapat Anda tentukan saat ingin beli LED T10 yakni berapakah mata lampunya. Diawali dari 1 sampai 21 mata lampu. Disamping itu jenisnya beragam seperti SMD 1210 dan lainnya.

2. LED T20

Selanjutnya ada LED T20 yang dapat digunakan untuk lampu sein, lampu mundur, dan lampu rem. Perbedaan dibanding dengan LED T10 adalah siapakah yang memakainya. LED T20 seringkali dipakai oleh mobil keluaran Eropa.

Fungsi flasher mobil inilah yang bermanfaat untuk mengaliri arus listrik ke lampu dan sein supaya bisa berkedip-kedip. Lampu sein ini cuman dapat dikendalikan oleh flasher mobil ini . Maka, sebaik mungkin selalu untuk jaga supaya flasher mobil terhindar dari air.

3. Floodlight

Selanjutnya ada lampu LED lainnya yakni Floodlight. Tipe lampu LED ini umumnya ditempatkan pada bagian eksterior mobil. Alasan intinya ialah kemampuan penerangannya yang besar karena sanggup hasilkan cahaya lampu sorot . Maka Anda dapat memperoleh penerangan yang paling jelas dibanding lampu yang lain.

Simak Juga : https://social.technet.microsoft.com/Profile/AnomSuroto

4. LED Lumiled

LED Lumiled jadi jenis lampu paling populer. Kenapa dapat demikian? Alasan utamanya karena biasa jadi lampu khusus/headlamp mobil yang ada pada bagian depan. Lampu ini mempunyai daya yang tinggi hingga benar-benar pas menjadi lampu utama.

5. LED Dome Light

Untuk kabin mobil sendiri, LED Dome Light kerap dipakai. Sinar yang dibuat umumnya cukup hanya untuk menyinari saat mencari barang jatuh atau ingin membaca buku dalam mobil. LED Dome Light masih memakai tehnologi bohlam.

Baca Juga : Mood lamp.

6. LED SMD

LED SMD dikenal sebagai alternatif dari LED Dome Light. Dengan sinar warna putih yang lebih jelas membuat LED SMD seringkali digunakan dibandingkan LED Dome Light karena memiliki tehnologi lebih bagus.

​​​​​​​7. LED COB

Lampu kabin pada bagian plafon umumnya memakai LED COB (Chip On Board). Memiliki bentuk seperti satu papan dengan beberapa ribu chop LED.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA