by

5 Cara Tepat Mengkritik Atasan di Kantor

-Berita-322 views

Bekerja di sebuah perusahaan sebagai seorang pegawai pasti tidak terlepas dari ada kedatangan atasan. Atasan yang diartikan dapat berbentuk seorang yang ada satu tingkat di atas kita secara kedudukan seperti supervisor, manager, kepala seksi, atau barisan direksi yang turut serta dalam hierarki perusahaan.

Seorang atasan dituntut supaya selalu dapat memberi instruksi dan contoh yang bagus ke beberapa bawahannya. Ini dilaksanakan supaya beragam tugas yang diberi bisa dituntaskan secara baik dan on time. Tetapi harus diingat, bos atau atasan kita seorang manusia yang tidak terlepas dari kekeliruan. Karena itu kita sebagai bawahan sekalian rekanan kerja harus juga dengan aktif memberi kritikan dan anjuran ke mereka.

Ini dilaksanakan supaya mereka dapat bekerja dan pimpin lebih efisien. Kritikan dan anjuran mempunyai tujuan supaya atasan kita dapat lakukan pembaruan berdasar saran-masukan yang kita beri. Kemungkinan kadang berasa enggan untuk memberi kritikan atau anjuran ke atasan. Supaya bisa diterima dengan baik, berikut sejumlah lima cara tepat mengkritik atasan di kantor.

Baca Juga : https://www.provenexpert.com/barbertopia/

1. Lakukan ‘One on One Meeting’

Jika kamu ingin memberi kritikan atau anjuran ke atasanmu, yakinkan supaya tidak dilaksanakan pada tempat umum. Buat keadaan di mana kamu dapat bicara secara empat mata ke atasan supaya semakin nyaman. Salah satunya langkah yang termudah ialah lakukan one on one rapat. Dengan lakukan hubungan secara empat mata, kamu dapat semakin konsentrasi mengulas beberapa hal yang memiliki sifat individu dan detil. Ini dilaksanakan untuk menghindar masalah jika dilaksanakan pada tempat umum.

2. Cari Momen yang Tepat

Berikutnya adalah cari peristiwa atau saat yang pas untuk sampaikan kritikan dan anjuran. Cari waktu di mana atasan kamu tidak sedang repot dan sedang rileks. Ini dilaksanakan supaya pengutaraan pesan yang sudah dilakukan dapat semakin nyaman untuk kedua pihak. Tanya pada atasan kapan mereka punyai waktu luang supaya dapat semakin terencana.

Mengagendakan tatap muka dengan atasan lebih bagus karena kamu dapat menyiapkan bahan kritikan lebih masak. Hingga sepanjang tatap muka berjalan dapat jalan dengan lancer sampaikan kritikan.

Simak Juga : https://social.technet.microsoft.com/Profile/LimaPuluhKarakter

3. Sampaikan Kritik dengan Sopan

Saat memberikan kritik, sedapat mungkin pakai bahasa yang santun dan lembut. Ini dilaksanakan supaya pengutaraan pesan dapat dilaksanakan dengan lebih bagus. Berikan pada atasan beberapa masalah apa yang terjadi pada tugas atau team kamu.

Kemudian baru beri kritikan dan anjuran jika peraturan atau keputusan yang dikeluarkan oleh atasanmu berpengaruh jelek pada tugas yang sudah dilakukan sekarang ini. Tidak boleh lakukan pengutaraan langsung dengan memperlihatkan kekeliruan atasan.

4. Sesuaikan dengan Kepribadian Atasan

Tidak semua orang sanggup terima kritikan mentah-mentah. Jika atasanmu ialah type orang yang tidak terbuka, seharusnya pikirkan langkah lain untuk memberitahukannya. Seorang atasan yang terbuka akan kritikan memang diimpikan beberapa orang. Tetapi, jika type atasanmu ialah orang yang keras kepala, seharusnya pakai langkah lain untuk sampaikan kritikan atau anjuran padanya. Sebagai alternative, kamu dapat minta kontribusi team HRD untuk sampaikan keluh kesah atau kritikan. Hingga kritik Anda tersampaikan tak perlu mengungkapkan langsung.

Baca Juga : Aturan jam kerja karyawan.

5. Lihat Hubungan Jalinan

Lihat batas jalinan di antara kamu dan atasan. Jika kamu tidak begitu dekat, cari orang yang lain dapat mewakilkan pendapatmu. Akan lebih bagus jika orang yang mengomentari ialah orang paling dekat dari atasanmu. Ini dilaksanakan karena umumnya seorang semakin lebih gampang terima kritikan atau anjuran dari beberapa orang paling dekat mereka.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA