by

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

KOPI, Jakarta – Keuangan rumah tangga memiliki peranan penting dalam keberlangsungan sebuah keluarga. Tanpa adanya pengaturan keuangan yang baik, maka keberlangsungan sebuah keluarga akan terancam.

Oleh karena itu, Anda sebagai ibu/kepala keluarga harus bisa mengatur keuangan dalam rumah tangga. Lalu, bagaimana jika saya masih baru berumah tangga dan tidak tahu keputusan yang harus saya ambil untuk mengatur keuangan?

Tenang, karena kami akan berbagai beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam mengatur keuangan. Penasaran? Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Tips Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

Seperti yang dilansir dari Infokaryawan.com setidaknya ada 5 tips yang bisa anda gunakan untuk mengatur keuangan. Silahkan simak dengan baik ya.

1. Melakukan Perencanaan Keuangan dengan Matang

Rencana keuangan berfungsi sebagai dasar ketika hendak menggunakan uang yang kita punya. Tanpa disadari, banyak orang yang kurang matang dalam merencanakan keuangannya.

Hal ini tentu dapat memicu keborosan karena kita akan menggunakan uang tersebut seenaknya. Padahal, kita bisa meminimalisir pemborosan dengan perencanaan keuangan yang baik.

2. Mencatat Pengeluaran

Setelah melakukan perencanaan secara matang, Anda bisa catat semua kebutuhan dan apa saja yang sudah dibeli. Dengan catatan tersebut, Anda tentu bisa menganalisa apa saja kelebihan dan kekurangan dalam mengelola keuangan.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui mana saja kebutuhan yang memang sangat dibutuhkan dan tidak terlalu dibutuhkan. Dengan begitu, keuangan akan seimbang dan terjaga dengan baik.

3. Hindari Meminjam dari Bank

Peminjaman uang dari bank memang menjadi salah satu alternatif untuk menyokong roda perekonomian keluarga. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa hal tersebut juga memiliki efek samping pada keseimbangan keuangan keluarga?

Ya, tentu saat hendak meminjam Anda sudah tahu bahwa bank menggunakan sistem bunga yang mana bisa memberatkan bagi peminjam yang kesulitan dalam roda perekonomiannya. Jika tetap memaksakan, maka imbasnya cukup buruk dan yang ada malah memperburuk keadaan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari peminjaman uang dari bank yang menuntut bunga.

4. Menabung

Sejak kecil, tentu Anda sudah diajari menabung ketika menikmati bangku sekolah. Benar bukan?

Hal ini tidak lain untuk memberikan pelajaran berarti bahwa menabung adalah salah satu cara ampuh untuk mengatur keuangan. Dengan menabungkan sedikit uang, kita sudah ancang-ancang apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dengan begitu sistem keuangan tidak akan terlalu goyah saat terjadi masalah baik dari sisi internal maupun eksternal.

5. Alokasikan Dana untuk Kebutuhan

Banyak orang yang tergiur untuk memenuhi keinginannya, sedangkan mereka lupa bahwa kebutuhan utamanya belum terpenuhi dengan baik. Saran kami, utamakan dulu kebutuhanmu baru kamu bisa mengalokasikan dana terhadap keinginanmu.

Cara ini sangat efektif untuk menghemat keuangan karena kita hanya mengalokasikan dana untuk sesuatu yang benar-benar kita butuhkan. Demikian pembahasan kali ini tentang 5 tips untuk mengatur keuangan, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat dan terimakasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA