by

Wakili HMP-KPI UIN Ar-Raniry, Afdha Usul Program Kemah Budaya di Rakernas IMIKI

KOPI, Makassar – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (IMIKI) ke-X kembali digelar di Makassar, mulai tanggal 25/2/21 sampai 28/2/21. Rakernas mengusung tema ‘Mengarungi Samudera Informasi, Berkarya Bersama IMIKI, Demi Mewujudkan Integritas Etiket Kerja Komunikasi’.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dari beberapa kampus di Indonesia yaitu mulai Aceh, Palembang, Bandung, Samarinda, Mamuju, Sumbawa, Kendari dan Makassar. Pembukaan Rakernas IMIKI dibuka dari perwakilan DPA wilayah 5, Andis.

“Di sini kita memprioritaskan pembahasan mengenai program-program kerja yang rekan-rekan semua usulkan nantinya,” ucap Andis.

Selanjutnya, Pengurus Pusat (PP) IMIKI membeberkan program kerja masing-masing mulai dari bidang keorganisasian hingga bidang advokasi dan kajian. Sementara itu, Perwakilan Himpunan Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (HMP-KPI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Afdha, menyampaikan usulan program kerjanya.

“Saya selaku perwakilan HMP-KPI mengusung program kerja unggulan tahunan. Nah, saya mencoba menganalisis potensi budaya di Indonesia, budaya salah satu jalan mempererat silaturahmi kita bersama. Jadi dengan hadirnya IMIKI dapat berkolaborasi membuat Kemah Budaya,” papar Afdha.

Harapannya, nanti seluruh delegasi yang mengikuti ‘Kemah Budaya’ baik perwakilan dari wilayah, cabang, Ppt, dan HMJ harus menggunakan atribut budaya dan saling menukar isu budaya yang terjadi di masing-masing wilayah.

“Kemah Budaya dibalut untuk memperoleh isu-isu aktual yang terjadi, dan kita bisa mengadvokasi isu tersebut ke pihak stakeholder Indonesia. Sampai saat ini saya masih melihat angka konflik di suku per wilayah itu sangat besar,” cetus Afdha.

Lanjutnya, “Toh dengan hadirnya ‘Kemah Budaya’ di program kerja IMIKI kita bisa mempromosikan budaya Indonesia ke se-antero negeri dan juga meminimalisir konflik di suku masing-masing wilayah dengan kita advokasi bersama apa sih permasalahan sebenarnya yang terjadi di suku atau budaya tersebut.”

Presidium Sidang IMIKI Nasional pun memasukkan usulan tersebut ke Buku Agenda Rakernas. Hal tersebut nantinya akan dibahas bersama DPA IMIKI Indonesia.

Prioritas program kerja ‘Kemah Budaya’ selalu menjadi alat silaturahmi nasional. Hadirnya program ini dapat membawa nama Indonesia dengan dalih membangun cita-cita semangat nilai juang. (*)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA