by

Faktor Penyebab Gagalnya Bisnis Ayam Petelur yang Perlu Peternak Ketahui

KOPI, Penyebab Gagalnya Bisnis Ayam Petelur – Banyak peternak yang alami ketidakberhasilan dalam memulai usaha ayam petelur. Peristiwa ini umumnya dirasakan oleh peternak pemula. Kadang, mereka segera masuk ke lapangan tanpa memikir panjang.

Kenyataannya, sebuah rencana penting dalam jalankan bisnis, terhitung usaha ayam petelur.

Untuk meminimalkan berlangsungnya ketidakberhasilan itu, kesempatan ini kami akan mengulas beberapa pemicu ketidakberhasilan usaha ayam petelur yang harus peternak kenali. Berikut pembahasan selengkapnya.

Teknis Pengelolaan dan Pemeliharaan Kurang Tepat

Saat sebelum mengawali usaha ayam petelur seharusnya ketahui dan dalami lebih dulu bagaimana tehnis pengendalian dan perawatannya. Dimulai dari penyiapan kandang, tipe pakan seperti usia, penyeleksian harga jual bibit ayam broiler atau petelur berkualitas, vitamin yang dipakai, dan agenda vaksin yang tepat.

Bila hal dasar ini belum tahu, karena itu ayam yang dipiara akan depresi, pengurangan produksi telur, ayam sakit, bahkan juga mengakibatkan kematian atau tidak berhasil panen. Karena itu peternak harus tahu langkah menjaga ayam secara baik, supaya terbebas dari bermacam penyakit yang menyebabkan ketidakberhasilan usaha ayam petelur.

Persaingan Pasar

Dikarenakan jumlahnya pesaing dalam usaha ayam petelur, karena itu hasil produksi selalu di atas kebutuhan pasar. Hingga harga telur kerap alami pengurangan, belum juga bila ternak alami pengurangan produksi dan menyebabkan keuntungan yang rendah.

Untuk menangani permasalahan ini, peternak perlu mengendalikan taktik marketing yang pas supaya telur yang dibuat selalu habis.

Bila kelamaan menumpuk telur ayam, karena itu berpengaruh pada pengurangan kualitas telur. Disamping itu, konsumen setia akan berpikir ulangi untuk membeli, hingga telur jadi busuk dan peternak alami rugi.

Harga Jual tidak Stabil

Nilai jual telur ayam bisa berbeda setiap saat bergantung dari kebutuhan pasar. Harga sanggup membumbung tinggi saat pada hari besar, liburan panjang atau musim acara datang. Tetapi pada hari biasa, daya membeli warga akan condong menyusut dan mengakibatkan harga kembali turun.

Ketakstabilan harga jadi salah satunya factor serius yang perlu dapat ditangani. Dengan keadaan semacam ini, karena itu perlu pengurangan harga telur kembali, supaya stock telur habis.

Baca : Sistem Kemitraan Bisnis Ayam Broiler

Manajemen Perusahaan

Tujuan dalam management perusahaan usaha ayam petelur di sini yaitu, pembagian pekerjaan yang pasti dan management pengendalian keuangan. Ini benar-benar punya pengaruh pada perubahan usaha. Manajemen pembagian pekerjaan yang kurang terang akan percepat ketidakberhasilan satu usaha.

Management pengendalian keuangan dalam usaha ayam petelur perlu dilaksanakan karena untuk menghindar penyimpangan keuangan. Manajmen pengendalian keuangan diantaranya seperti pendataan atau recording pada masuk keluarnya dana/uang.

Jadi , banyak faktor penyebab gagalnya bisnis ayam petelur yang penting peternak pemula pahami. Jangan coba-coba dengan populasi besar bila belum menyiapkan rencana usaha dengan masak. Semoga artikel yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk para peternak semuanya, terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA