by

Inilah 7 Manfaat Madu untuk Anak

KOPI, Kediri – Madu, sebagai obat tradisional saat ini masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Madu yang dapat dikonsumsi dengan berbagai metode ini memiliki banyak sekali manfaat untuk anak Anda.

Sebagai orang tua, tentunya Anda memberikan makanan yang kaya akan khasiat demi pertumbuhan si kecil. Nah, untuk itu madu bisa Anda coba untuk dikonsumsi anak secara rutin agar mendapatkan khasiat berikut ini.

Manfaat Madu untuk Anak dan Balita

Dengan mengkonsumsi secara rutin untuk Anak, berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan.

1. Meredakan Flu dan Batuk

Saat buah hati terserang batuk, Anda bisa memberikannya madu 1 sendok setiap sebelum ia tidur. Kandungan gula alami dari madu dapat membantu membersihkan sistem pernapasan dari infeksi penyebab batuk.

Ketika flu pun Anda bisa mencampur 1-2 sendok madu dengan air hangat. Lalu, buah hati biarkan menghirup uap dari campuran ini agar saluran pernapasan menjadi lebih lancar.

2. Mengoptimalkan Perkembangan Tubuh

Ketika masih balita, pertumbuhan sel dan organ tubuhnya akan terjadi dengan cepat untuk membuatnya siap seiring pertumbuhan usia. Memberikan madu untuk anak akan membantu proses pertumbuhan sel serta jaringan tubuh tumbuh lebih optimal.

Lakukan konsumsi madu pada anak dengan dosis 1 sendok makan sehari untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

3. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Selain diminum, madu juga bisa dioleskan pada luka si kecil. Pada usia dini, sangat wajar jika anak mengalami luka kecil karena sering bermain. Untuk itu, Anda bisa mengoleskan madu pada luka, karena sifat madu akan mempercepat proses penyembuhan luka tersebut.

Selain itu, madu juga berfungsi sebagai mencegah infeksi yang ditimbulkan karena luka.

4. Sumber Energi

Manfaat madu untuk anak selanjutnya yaitu sebagai sumber energi. Madu mengandung gula alami, yaitu glukosa dan fruktosa. Kandungan gula ini berasal dari karbohidrat yang dibutuhkan untuk bahan bakar atua energi supaya anak lebih semangat untuk menjalani aktivitas.

5. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Madu memiliki kandungan prebiotik alami yang bisa meningkatkan jumlah bakteri baik pada saluran pencernaan. Manfaat madu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan pada anak. Madu pun juga bisa membantu menambah nafsu makan buah hati.

Hasil studi Paramorina menunjukkan bahwa madu mampu meredakan gangguan pencernaan seperti konstipasi dan nyeri perut pada si kecil.

Nah, itulah manfaat madu untuk anak yang bisa Anda pertimbangkan. Mengkonsumsi madu sangat baik untuk berbagai sisi pada tubuh anak Anda. Pastikan Anda memberikan madu asli untuk anak ya!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA