by

Manfaat Bunga Kecombrang untuk Kesehatan Tubuh dan Masakan

KOPI, Jakarta – Di Indonesia, bunga kecombrang kerap dipakai sebagai bumbu dapur tradisionil karena mempunyai rasa dan wewangian yang unik. Tumbuhan yang dinamakan latin Etlingera elatior ini demikian populer digunakan sebagai bumbu makanan Indonesia, Thailand, bahkan juga Malaysia. Selanjutnya, bunga kecombrang bisa dibuktikan mempunyai fitokimia berbentuk :

  • Flavonoid.
  • Terpenoid.
  • Saponin.
  • Tanin.
  • Alkaloid.

Selain itu, bunga kecombrang juga memiliki kandungan minyak atsiri atau juga dikenal sebagai minyak eteris, minyak terbang, atau essential oil. Dari kandungan itu, bunga kecombrang dipercayai mempunyai manfaat yang paling bagus untuk badan.

Lalu, apa manfaat yang dipunyainya? Ingin tahu apa manfaat kecombrang untuk kesehatan badan? Baca pembahasan selengkapnya di bawah ini:

Dapat Mencegah Kanker

Menurut jurnal BMC Research Notes yang dikutip dari situs Share Healthy, bunga kecombrang memang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi sekali. Bahkan juga, dampak anti-oksidan dalam tumbuhan itu sangat kuat. Kandungannya itu dipunyai oleh tiap sisi badannya, dimulai dari bunga, tangkai, rimpang dan daun tanaman.

Nah, kandungan anti-oksidan yang dipunyainya berawal dari senyawa flavonoid yang dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh. Tingginya kandungan anti-oksidan itu membuat dikenali sebagai tanaman antikanker dan sanggup perlambat perkembangan sel kanker.

Mampu Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Selain itu, kecombrang mempunyai karakter antibakteri. Dikutip lagi dari Share Healthy, bagian bunga kecombrang memiliki kandungan zat antibakteri yang dapat menghalangi perkembangan bakteri. Adapun sisi dari bunga kecombrang itu seperti berikut:

  • Bacillus cereus.
  • Euscheria coli.
  • Listeria monocytogenes.
  • Staphylococcus aureus.

Sifat antibakteri yang dipunyai kecombrang berawal dari kandungan minyak atsiri, alkaloid, dan asam lemak didalamnya. Dengan karakter antibakterinya, tanaman itu juga kerap jadi sebagai bahan pengawet alami.

Sebagai Penguat Cita Rasa Masakan

Tanaman yang kerap disebutkan honje ini sebagai bahan makanan yang sanggup memberikan cita-rasa yang kuat dan unik. Keunikannya itu membuat honje kerap jadi untuk kurangi wewangian anyir pada ikan laut atau seafood. Honje akan memberi wewangian fresh pada sambal dan sajian masakan oseng atau berkuah.

Baca : 5 Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Dapat Melancarkan Sirkulasi Peredaran Darah

Untuk jaga darah supaya masih bersih, kamu dapat mengakalinya dengan konsumsi tanaman rempah ini. Masalahnya kecombrang mempunyai kandungan senyawa alami yang dapat membuat darah jadi lebih bersih.

Dengan mengkonsumsinya, darah yang mengucur dan disebarkan ke semua badan tidak bawa bakteri atau virus. Resiko mikroorganisme untuk mengontaminasi organ dalam dan mengakibatkan penyakit beresiko juga jadi makin kecil terjadi.

Memiliki Kandungan Berbagai Zat Gizi

Harus dipahami, kecombrang kaya bermacam jenis zat nutrisi. Dikutip dalam situs Data Formasi Pangan Indonesia, 100 g kecombrang fresh sama seperti memiliki kandungan energi sekitar 34 kalori, 6,7 gr karbohidrat, 2,6 gr serat, 1 gr lemak, 60 mg kalsium, 16 mg fosfor, 1 mg zat besi, 650,6 mg kalium dan 47 mg natrium.

Mampu Mengurangi Rasa Mual pada Ibu Hamil dan Melancarkan ASI

Manfaat lain dari bunga kecombrang ialah sanggup kurangi rasa mual pada ibu hamil. Tidak itu saja, bunga kecombrang di-claim dapat memperlancar ASI sesudah melahirkan. Dengan konsumsi tanaman ini dengan teratur, kamu bisa pastikan kelancaran ASI untuk dikasih ke bayi.

Mampu Mengatasi Masalah Pencernaan

Saat ada merasa sakit di perut karena asam lambung yang meninggi, bunga kecombrang dikenali sanggup menolong menurunkan penyakit itu. Masalahnya kandungan yang dipunyainya dapat menetralisir kandungan asam di lambung.

Tetapi, supaya manfaat itu dapat didapat dengan optimal, kamu harus tetap jaga skema makan dan tipe makanan yang dimakan.

Nah, itu bermacam manfaat bunga kecombrang yang bagus untuk kesehatan dan masakan. Mudah-mudahan info kesempatan ini berguna untuk Anda dan keluarga. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA