by

Langkah Membuat Bonsai Bunga Kertas untuk Pemula

KOPI, Jakarta – Belakangan ini pencinta tanaman bonsai makin bertambah banyak. Bonsai bunga kertas diantaranya. Lantas apakah itu tanaman bonsai? Bonsai sendiri sebagai satu tehnik untuk bikin tanaman yang memiliki ukuran besar jadi lebih mini dengan penampilan yang lebih estetik.

Meskipun beberapa macam tanaman bisa dibikin bonsai, tetapi bonsai bunga kertas atau bougenvile jadi salah satunya tipe tanaman bonsai yang terpopuler. Bunga kertas terhitung di dalam tipe tanaman yang gampang dirawat. Disamping itu beragam warna bunganya yang paling ceria pasti menambahkan keelokan pada tanaman bonsai yang dibikin.

Bunga kertas memang mempunyai banyak keunggulan karena batangnya yang mempunyai corak yang classic. Penampilannya akan lebih menarik bila dibikin jadi tanaman bonsai.

Karena itu tidaklah aneh bila keinginan bonsai ini lumayan tinggi di pasar. Bila Anda berminat dari tanaman bougenvile, inilah langkah yang perlu dilaksanakan yakni,

Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Tak perlu khawatir situs bonsaikita.com telah merangkum alat dan bahan yang diperlukan benar-benar gampang diketemukan dan didapatkan misalnya:

  • Pot
  • Gunting tanaman
  • Isolasi
  • Tali raffia
  • Tang
  • Kawat kuningan
  • Cetok
  • Bibit bunga kertas/bougenvile
  • Pupuk kandang/kompos
  • Pupuk anorganik
  • Kerikil
  • Pasir
  • Tempat tanam

Tentukan Bibit Bunga Berkualitas

Bibit dapat berawal dari hasil stek atau cangkok. Bibit yang diambil dari stek atau cangkok akan hasilkan tanaman dengan akar yang kuat. Ini karena bibit ini tidak mempunyai akar tunggang tetapi lateral.

Persiapkan Media Tanam Baru

Yakinkan untuk memakai tempat tanam baru dan tidak boleh pakai tempat tanam sisa tanaman lain. Untuk tempat tanam dari kombinasi tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbedaan 5:3:2.

Masukan lebih dulu kerikil pada bagian paling bawah pot supaya proses aerasi bisa berjalan baik. Sesudah kerikil masuk ke pot, masukan bibit di dalam pot secara tegak lempeng dan paling akhir baru masukan tempat tanam sampai penuh.

Persiapkan Pot yang Kuat dan Steril dari Hama Penyakit

Supaya tanaman bonsai bisa berkembang dengan prima, pilih pot yang kuat dan kuat. Saat sebelum dipakai bersihkan sampai bersih pot hingga terlepas dari kotoran atau hama dan penyakit yang melekat.

Atau dapat memendam pot dengan memakai larutan insektisida. Pakai larutan insektisida dengan jumlah 0,06-1%. Kemudian jemur pot di bawah cahaya matahari sepanjang 10-15 menit.

Lakukan Pemangkasan Daun

Untuk bikin penampilan bonsai bunga kertas jadi lebih rapi dan estetik, perlu lakukan pemotongan daun yang tak perlu. Kecuali mempercantik penampilan bonsai, pemotongan daun mempunyai tujuan untuk kurangi evaporasi berlebihan hingga tanaman tidak stress dan mati.

Buat Kerangka Dasar Bonsai

Proses pembikinannya dengan diawali membuat rangka bonsai lebih dulu. Sesudah rangka yang diharapkan telah usai dibikin, janganlah lupa mengikatnya dengan kawat kuningan hingga tempatnya tidak berubah. Memperkuat belitannya kembali dengan memakai tali raffia.

Ada banyak wujud rangka bonsai yang dapat dibikin, dimulai dari wujud tegak lempeng sampai wujud yang lebih unik seperti mahkota asimetris atau wujud tangkai yang berkelok. Bikinlah rangka bonsai sesuai hasrat Anda.

Perawatan Bonsai

Sepanjang proses perkembangan tanaman, pangkaslah beberapa daun yang tumbuh tidak teratur atau memotong ranting yang bertumpang-tindih hingga rangka bonsai tidak hancur. Disamping itu siram tanaman bonsai seperlunya, tidak boleh terlampau basah atau kering. Menyirami air kebanyakan sampai menggenang malah beresiko karena akar tanaman akan bisa lebih cepat membusuk.

Untuk proses pemupukan, pakai larutan pupuk NPK 15:15:15 sekitar 20-25 gr. Terapkan pupuk dengan memakai botol semprot ke dekat perakaran. Kerjakan pemupukan tiap empat bulan sekali.

Itu cara membuat bongsai bunga kertas dengan gampang yang telah dirangkum situs bonsaikita.com. Selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan sukses ya gaes!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA