by

Ketua Komite I DPD RI: Pemekaran DOB Terus Kami Perjuangkan

KOPI, Sumba Timur – Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi mendampingi Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattaliti dalam kunjungan kerja Ketua DPD RI di Kabupaten Sumba Timur, Selasa (23/3/2021). Fachrul Razi mengatakan bahwa DPD RI akan terus memperjuangkan pemekaran DOB termasuk calon DOB dari Sumba Timur. Dalam kunjungan kerja tersebut, turut hadir Senator asal NTT, Dr. Asyera Wundalero dan Senator Bustami asal Lampung, sementara dari Pemerintah Sumba Timur diwakili Wakil Bupati dan Pimpinan DPRD.

Bupati Sumba Timur Drs. Khristofel Praing, M.Si meminta DPD RI untuk terus memperjuangkan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Sumba Timur. Dirinya meminta agar DPD RI terus menjadi perwakilan daerah yang terus memperjuangkan Daerah Otonomi Baru.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Sumba Timur menyampaikan bahwa Sumba Timur telah mengajukan dokumen pemekaran 3 (tiga) Daerah Otonomi Baru Kabupaten yaitu DOB Sumba Timur Jaya, DOB Sumba Selatan dan DOB Pahunga Lodu ke Kementerian Dalam Negeri tahun 2015 yang lalu, untuk itu kami sangat mengharapkan bantuan DPD RI untuk mengawasi usulan kami,” kata Bupati Sumba Timur.

Bupati Sumba Timur mengatakan selain permasalahan pemekaran dirinya juga mengatakan permasalahan lainnya untuk diselesaikan, hal ini terlihat dari data yang ada bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Sumba Timur masih pada 30,02 persen. “Ini merupakan pukulan berat bagi kami untuk dukungan pemerintah pusat dan DPD RI sangat dibutuhkan. Dalam kesempatan ini kami sangat mengharapkan dukungan DPD RI untuk mengawal dan memperjuangkan aspirasi daerah dan masyarakat Sumba Timur melalui berbagai program dan kegiatan pemulihan ekonomi, pembangunan infrastuktur dasar dan perluasan investasi,” paparnya.

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menjelaskan bahwa Propinsi NTT berpeluang besar terjadinya pemekaran di empat kabupaten yakni Kabupaten Kupang, Kabupaten TTS, Kabupaten Alor, dan Kabupaten Sumba Timur.

Selain 3 DOB di Sumba Timur secara keseluruhan terdapat delapan calon DOB dimaksud yakni Adonara di Flores Timur (Flotim), Kota Maumere di Sikka, Pantar di Alor, Amfoang di Kabupaten Kupang, dan Amanatun di Timor Tengah Selatan (TTS).

“Tiga calon DOB di Kabupaten Sumba Timur yang diusulkan Bupati agar segera dimekarkan yakni Pahungga Lodu, Sumba Timur Jaya, dan Sumba Selatan. Ketiga aspirasi ini kami terima dan akan kami perjuangkan,” tegasnya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA