by

Jenis Mesin Laser Cutting dengan Bebagai Keunggulannya

KOPI, Jakarta – Dalam artikel kali ini akan mengulas tentang jenis mesin laser cutting yang tersebar di dunia industri yang banyak dipakai. Ada 3 Tipe Laser yang bakal kita pusatkan dalam artikel kali ini, yakni CO2 Laser, YAG Laser dan Fiber Laser.

Setiap Type Laser memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing dan kesesuaian untuk pembuatan material yang lain. Ingin tau apa saja kelebihan dari mesin laser tersebut? Simak ulasannya di bawah ini:

CO2 Laser ( Laser Gas CO2)

CO2 Laser ialah Laser Gas yang mengambil sumber dari Pencampuran gas khusus Karbondioksida (CO2) dengan Gas yang lain yang distimulasikan memakai Proses Elektrik.

Dengan panjang gelombang 10,6 micrometer. CO2 Laser ini benar-benar pas dipakai untuk pembuatan material non metal / logam dan material plastik. Banyak jasa laser cutting mdf Jakarta yang menggunakan mesin jenis ini.

Contoh seperti Acrylic, Kayu, Kain Textile, Kertas, Kulit, Kaca, Keramik, Foils., Film, Batu, dan lain-lain. CO2 Laser mempunyai tingkat efektivitas yang tinggi dan mempunyai kualitas cahaya laser yang lumayan bagus. Serta harga yang paling dapat dijangkau. Karenanya CO2 laser paling sering dipakai di Pasar Indusri.

Fiber Laser

Fiber Laser terhitung dari Laser Kompak State. Yang mana membuat Cahaya Laser dari Benih Laser yang diperkokoh dan dibuat khusus dalam Fiber Glass.

Fiber Laser disupply oleh energy dari Dioda Pompa, dengan Panjang Gelombang 1,064 micrometer. Fiber Laser mempunyai ketajaman detil yang paling Lembut, paling Detil dibandingkan Type Laser YAG dan CO2. Sebagai perbedaan.

Intensif hasil Laser Fiber 100x lebih lembut dibandingkan CO2 Laser dengan power yang serupa. Hasil Cutting, Marking, Engraving Fiber Laser lebih detil dan benar-benar Lembut dan rapi.

Benar-benar pas dipakai untuk Industri yang memerlukan Mesin Laser dengan Kualitas Premium dan Biaya Operasional yang paling Murah. Fiber Laser biasanya dipakai untuk Cutting (Potong) , Engraving(Ukir) dan Marking material Logam / Metal, walau bisa juga untuk Plastik juga.

Kelebihan Fiber Laser kecuali mempunyai tingkat detil dan Kelembutan tertinggi. Fiber Laser bebas perawatan dan mempunyai Periode Usia Produksi yang paling lama, seputar 25.000 jam. Pasti Fiber Laser sebagai Type Mesin Laser yang termahal dibandingkan YAG Laser dan CO2 Laser.

YAG Laser (Laser Crystal)

Seperti Fiber Laser, YAG Laser termasuk juga Laser Kompak State. Elemen yang dipakai dalam Laser tipe ini ialah Nd:YAG (Neodymium-Doped Yttrium Aluminium Garnet) dan Nd:YVO (Neodymium-Doped Yttrium Ortho-Vanadate), dan dikenali bernama YAG Laser.

Dengan panjang gelombang yang serupa dengan Fiber Laser, yakni 1,064 micrometer. YAG Laser juga pas untuk pembuatan Material Logam / Metal, dan Plastik.

Beda YAG Laser dengan Fiber Laser ialah YAG Laser mempunyai elemen Dioda Pompa yang lumayan mahal dan ada Consumable Parts (Parts yang dapat habis). Pompa Dioda cuman berusia seputar 8000 sampai 15000 jam operasional. Kemudian harus ditukar.

Dalam segi Hasil Pembuatan, YAG Laser mempunyai tingkat Detil dan Kelembutan sedikit di bawah Fiber Laser.

Jadi ringkasannya, YAG Laser sebagai Tipe Laser Metal yang ada di kelas menengah, dengan Feature seperti Fiber, dan harga masih tambah murah daripada Fiber Laser dan mempunyai usia yang lebih pendek.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA