by

Jenis Material Dinding dan Finishing Terbaik untuk Rumah

KOPI, Jakarta – Tidak dapat disangkal, dinding sebagai komponen penting dalam tempat tinggal. Kecuali sebagai susunan, kedatangan dinding menolong membuat ruangan sampai tentukan interior apakah yang akan tercipta dari ruang itu.

Agar tentukan dan membuat dinding lebih pas, baca penjelasan ringkas berkenaan tipe material sampai bermacam finising yang dapat diaplikasikan pada dinding rumahmu di bawah ini.

Kayu

Kayu, atau papan kayu dikenali sebagai bahan bangunan yang tradisionil dan sudah lama dipakai sebagai material dinding. Walau demikian, tidak seluruhnya kayu pas dipakai untuk jadi dinding, terlebih bila kayu akan mempunyai contact langsung dengan ruangan luar.

Batu Bata

Material dinding batu bata ialah material dinding paling konservatif sekarang ini. Material ini tidak cuman kuat, tetapi mempunyai perawatan yang gampang dan ketahanan yang bagus. Sekarang bata sendiri banyak ditingkatkan dalam bermacam jenis produk dimulai dari bata merah, bata enteng atau airated autoclave concrete.

Kaca

Kaca biasanya bukan jadi opsi material dinding khusus. Tetapi, pada beberapa bangunan, terutamanya bangunan komersil atau bangunan gedung yang menggunanakn laser cutting ACP, dinding dengan material kaca bukanlah hal yang tidak wajar. Kecuali memberi kesan-kesan terbuka, material kaca memberi nuansa lebih menawan dan eksklusif.

Kreasi Finishing Dinding yang Tepat

Sesudah pilih material dinding yang cocok, dinding membutuhkan finising yang cocok untuk membuat kelihatan menarik dan sesuai ide design yang diharapkan. Berikut sejumlah kreativitas finising yang bisa saja opsimu.

Cat

Cat adalah opsi finising paling landasan untuk dinding rumahmu. Tetapi, bukan bermakna tidak beberapa hal yang dapat kamu kerjakan untuk menyaksikannya masih standout.

Penyeleksian warna cat rumah yang luas dapat memberi beberapa pilihan nuansa pada tempat tinggal. Untuk penampilan dinding yang lebih berani, kamu dapat memberi skema sampai gambar mural memakai cat.

Baca Juga : Pengertian Laser Cutting dan Keunggulannya

Wallpaper

Pilihan aman untuk bikin dinding kelihatan menarik dengan memakai wallpaper atau wall covering sebagai sentuhan akhir. Material satu ini banyak diterapkan di bagian dalam ruang dan datang dalam banyak skema, warna, dan struktur hingga mempermudahmu saat menentukan penampilan akhir apakah yang kamu harapkan pada tempat tinggal.

Batu Alam

Ingin kesan-kesan alami pada tempat tinggal? Finising batu alam bisa saja opsi untuk dinding rumah. Walau biasanya dipakai untuk dinding outdoor, tidak ada kelirunya memakai batu alam untuk melengkapi penampilan interior tempat tinggalmu.

Keramik

Untuk sisi dinding ruang yang mempunyai kelembapan tinggi, material keramik dinding bisa saja opsi yang tepat. Kecuali lebih tahan pada air, keramik lebih gampang dibikin bersih dan dirawat dari jamur dan kotoran.

Kayu

Material finising yang lain menjadi opsi ialah kayu. Baik dengan melapis material landasan memakai kayu asli atau bikinan, kamu bisa juga coba menunjukkan material asli kayu yang kamu pakai untuk dinding tempat tinggal. Untuk pemakaian material ini, yakinkan berikan pelindungan extra coating untuk jaga daya tahannya.

Unfinished atau Exposed Material

Selain kayu, kamu bisa juga menunjukkan material asli yang lain dari dinding dimulai dari bata, beton, sampai plester bangunan. Opsi finising ini biasanya dipakai untuk memberi nuansa industrial atau rustic pada tempat tinggal.

Itulah beberapa jenis material dinding yang cukup terkenal untuk membuat dinding tempat tinggal mimpi. Banyak bukan ruangan untuk mendalami buat mendatangkan dinding yang paling cocok untuk rumah? Mudah-mudahan ulasan kami kesempatan ini berguna buat kamu semua. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA