by

Haji Uma Fasilitasi Pemulangan TKI Asal Aceh dari Malaysia

KOPI, Malaysia – Senator Aceh H. Sudirman (Haji Uma-red), memfasilitasi proses pemulangan satu keluarga TKI asal Bireun-Aceh dari Malaysia, Selasa (22/3/21). Dengan dibantu dua timnya, Abu Saba dan Haikal, proses pemulangan berjalan lancar.

Satu keluarga TKI yang dibantu kepulangannya oleh Haji Uma adalah Irfan And. Wahab (38), Agus Diana (36), dan anaknya Al Fahri (4), yang merupakan warga Desa Meunasah Capa, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireun, Aceh.

Adapun alasan Haji Uma membantu keluarga TKI tersebut karena mengingat Agus Diana (istri Irfan) masih dalam kondisi sakit pasca operasi Caesar bayi prematur di Rumah Sakit Shah Alam Malaysia sebulan lalu. Kondisi kesehatan Agus Diana pasca menjalani operasi Caesar sangat mengkhawatirkan dan berisiko terjadi infeksi yang dapat mengancam jiwanya dan harus segera mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

“Setelah kita melihat langsung kondisi Agus Diana yang semakin memprihatikan, saya bersama Haikal menghubungi Haji Uma untuk meminta bantuan beliau dan Alhamdulillah mendapatkan respon yang baik,” ungkap Abu Saba selaku Ketua Tim Haji Uma di Malaysia.

Abu Saba menambahkan, “Jika Agus Diana terus melanjutkan pengobatan di salah satu rumah sakit di Malaysia, dapat dipastikan akan sangat terkendala dengan biaya. Sementara untuk biaya pengurusan pemulangan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan proses yang tergolong sulit, mengingat dokumen dimiliki tidak lengkap.”

Haji Uma bersama timnya ikut mengeluarkan biaya sebesar Rp. 12.000.000 rupiah untuk membantu biaya pengurusan dokumen, tiket pesawat, dan tes swab untuk Agus Diana dan anaknya. Sementara untuk pemulangan Irfan Abd. Wahab, Haji Uma dan tim ikut membantu biaya pengurusan dokumen dan tes swab.

“Alhamdulillah hari ini Agus Diana dan keluarga sudah tiba di tanah air melalui Kualanamu Airport dan sedang menjalani karantina Covid-19 sampai 7 hari ke depan,” terang Haikal.

Haji Uma berharap, setiba di Aceh Agus Diana segera mendapatkan pelayanan medis lebih lanjut sampai sembuh di rumah sakit rujukan. Di akhir penyampaiannya Haji Uma mengucapkan terima kasih kepada tim dan pihak-pihak terkait yang telah membantu proses pemulangan TKI tersebut.

“Terima kasih kepada tim saya dan seluruh masyarakat Aceh di Malaysia serta KBRI Kuala Lumpur yang telah membantu pemulangan ketiga TKI asal Bireun-Aceh tersebut,” pungkas nya. (Anja)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA